Pembentukan Kelompok Tani Wanita Desa Karangtengah Kec. Kadungora

Share posting

Oleh : H. Kusnadi&Wishnoe Idha Noor

Grahabignews.com, Garut – Giat Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Garut pada hari Kamis (4/02/2023) dalam rangka kegiatan Pembentukan Kelompok Wanita Tani (KTW) di Desa Karangtengah Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.  Hadir dalam kegiatan ini koordinator dan Penyuluh Lapangan Wilayah Kadungora usai dilaksanakan.

Sekarang, hari Jumat (05/05/2023) KWT Mawar mengadakan acara halal bihalal sekaligus panen pertama sayuran, diantaranya sayuran sawi, bayam dan bawang daun.

pada kesempatan itu hadir para tamu undangan diantaranya Ibu Kepala Desa Karang Tengah sekaligus Ketua PKK Desa Karang Tengah, Ibu  Lisdawati, Ketua Pokja 3 Desa Karang Tengah, Ibu Iklima, Sekretaris GAPOKTAN, Bpk. Jafar, BABINSA,  BABINMAS, dan  Ibu Titik Penyuluh Pendamping dari BPP Desa lain.

Agribisnis merupakan semua aktivitas bisnis di sektor pertanian yang meliputi pengadaan input pertanian, produksi, penangan pasca panen dan pengolahan, serta pemasaran produk sampai ke konsumen akhir.Bidang agribisnis meliputi pengolahan budidaya pertanian, penyediaan bahan baku yang dibutuhkan, penanganan pasca panen, proses pengolahan hasil hingga pada bagaimana tahap pemasaran yang dilakukan.

Setiap bagian dalam agribisnis memainkan peran yang sama pentingnya, oleh karena itu perlu adanya perhatian yang sama untuk memajukan setiap subsektor agribisnis tersebut. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian.

Kelompok Wanita Tani inilah yang diharapkan dapat mengambil bagian dalam kegiatan agribisnis yang dilakukan petani, terutama dalam bidang pasca panen, pengolahan hasil, dan pemasaran. Pun demikian, perkembangan teknologi dan tuntutan dunia pertanian saat ini memungkinkan memberi ruang bagi wanita tani untuk terlibat dalam mendukung penyediaan sarana produksi, pengelolaan limbah pertanian, serta pelestarian lingkungan. Para wanita tani juga diharapkan dapat memberikan dukungan psikologis bagi keluarga tani.

Kelompok Wanita Tani (KWT)  Mawar Desa Karangtengah Kecamatan Kadungora dibentuk pada 4 Februari 2023 Bertempat di rumah Ketua RT. 01 Rw. 03 Kp. Bojongsalam kulon.

Kepengurusan KWT  MAWAR :

Ketua    Teti Rohaeti

Sekretaris    Yeti

Bendahara    ida Farida

Penyuluh/Pendamping  Sri Fauziah,

Mentor    Rismaya Muharomah.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *