Peran Babinsa Sangat Luar Biasa Membantu Di Setiap Kegiatan Dan Keseharian Warga.

Share posting

Oleh: Nurlaela

Yosef Petugas TNI Yang Berperan Sebagai Fasilitator Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa Tahun 2023. (Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

grahabignews.com, Purwakarta – Peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) perwakilan militer di Desa atau Kelurahan sangat luar biasa, selalu terlihat aktif dan siap membantu masyarakat yang memerlukan pembinaan, melayani, mengayomi dan melindungi warga, dekat dengan berbagai warga, dikenal dan dapat komunikasi lancar. Jika ada permasalahan yang harus dibicarakan guna keamanan, baik dalam suatu kegiatan atau keseharian masyarakat di lingkungannya.

Demikian disampaikan Ida Rosida, seorang pria berprofesi sebagai guru di SMA Negeri 1 Purwakarta, warga Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta di Aula Kodim 0619 Purwakarta, Rabu (10/05/2023).

Ida menjelaskan, pihaknya apresiasi atas kinerja Babinsa, dirinya mengaku senang dapat hadir memenuhi undangan Kodim 0619 Purwakarta, guna menyampaikan penilaiannya perihal kinerja Babinsa yang diketahuinya di berbagai kesempatan, pihaknya suka menyaksikan langsung peran dan keberadaan Babinsa di wilayah Kelurahan tempat dirinya tinggal.

Guru tersebut menyebut sebuah nama “Jajang”  Babinsa di Kelurahan Ciseureuh. Menurutnya, Jajang Babinsa itu ada dan hadir disekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat.

“Senang dan banyak terbantu dari peran Babinsa sebagai petugas yang mengabdi kepada negara guna membina warga agar lebih rapih dan kondusif di lingkungan tempat tinggal mereka.

(Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

Babinsa dicintai warga binaannya yang selalu senang menyambut keberadaan Babinsa di berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan bersih-bersih lingkungan, memberi pemahaman dan mengayomi warga agar lebih disiplin dan bertanggungjawab dalam keseharian, baik sedang menjalankan tugas atau beradaftasi dikeseharian dengan sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masyarakat tidak segan jika meminta bantuan dan Babinsa siap hadir disaat diperlukan untuk pengamanan seperti pembagian bantuan sosial dan lainnya.

Hal itu dibenarkan Nuryana, salah seorang dari Pemerintahan Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bangga dengan Babinsa yang berdinas di Desa tempatnya bekerja.

“Sangat sigap dan rajin, setiap ada kegiatan yang memerlukan keberadaannya Pak Suparta selalu siaga siap dengan pungsinya, setiap kegiatan bersih-bersih lingkungan di hari Jum’at, Pak Suparta berperan serta bahu membahu gotong royong bersama warga tanpa canggung,” ungkapnya.

Beliau, lanjutnya, turun langsung bekerjasama demi kebersihan dan kesehatan warga dan lingkungannya, selain membuat kita bergerak yang membuat kita sehat, kita dapatkan silaturahmi disela-sela kegiatan. Kita bertegur sapa secara kekeluargaan yang membuat dekat dan hangatnya harmonisasi diantara kami, terjalin manis sangat harmonis layaknya keluarga besar

“Silahkan datang ke Sukajaya, kami ada bersama warga saling mendukung dan bersama membangun Desa lebih baik dan maju membuktikan Desa Sukajaya semakin cemerlang dalam berbagai bidang pembangunan,” Pungkasnya di Aula Kodim 0619 Purwakarta, Rabu (10/5/2023).

Yosef petugas TNI yang berperan sebagai fasilitator bagi warga yang siap menyampaikan penilaiannya perihal keberadaan dan fungsi Babinsa yang bertugas ditempat warga tersebut tinggal.

Kepada media Yosef menyampaikan penilaian warga yang didengarnya, semua kami dapatkan pengakuan puasnya warga dari pelayanan Babinsa, mereka apresiasi dan senang Babinsa dapat berperan aktif melayani warga dengan baik dan bertanggungjawab, membuktikan TNI ada ditengah-tengah masyarakat mendukung pembangunan Indonesia semakin maju.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *