Minimalisir Jumlah Sampah di Garut, DLH Bentuk Fasilitator Kang Raling

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Penyuluh Lingkungan Hidup pada DLH Garut, Agus Ramdan. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Garut – Program wisata Eling (Edukasi Lingkungan), merupakan peogram unggulan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Garut, dalam upaya mengurangi sampah, sekaligus menyadarkan kepedulian lingkungan kepada masyarakat.

Menurut Penyuluh Lingkungan Hidup pada DLH Garut, Agus Ramdan, Jum’at (12/05) bahwa kini telah terbentuk Fasilitator Kang Raling (Kampung Ramah Lingkungan).

Tambah dia, Jumlah Fasilitator sebanyak tiga (3) fasilitator untuk enam (6) kecamatan, di mana setiap fasilitator membawahi dua kecamatan. “Team tersebut terdiri dari Koordinator, Asisten dan Fasilitator,” imbuh Agus.

Tugas fasilitator adalah bekerjasama dengan RW, agar ikut peduli sekaligus penggerak pengelolaan sampah di lingkungannya. Lokasi ke-RW-an tersebut, dipilih langsung oleh Fasilitator sebanyak dua RW per kecamatan.

“Syarat utama RW yang di pilih, tentunya yang peduli terhadap lingkungan dan mau bergerak bersama mengurangi sampah di lingkungan masing-masing RW,” jelas dia.

Adapun kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Karangpawitan, Selaawi dan Kecamatan Malangbong.

Dirinya berharap, masyarakat dapat memilah dan mengelola sampahnya sendiri, sehingga hanya berupa residu saja yang diangkut ke TPA Pasirbajing. “Intinya, kita yang membuang sampah, maka kita sendiri yang harus bertanggungjawab,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *