Renungan H. Derajat

Share posting

Istimewa

Jaksa Agung Muda Inteljen RI, Dr. Amir Yanto, S.H., M.H., bersama H. Derajat (foto istimewa-grahabignews.com)

Sudahkah engkau berdzikir dengan kalimah tauhid hari ini sahabatku ? Aku pastikan belum, mengapa ? Karena engkau hanya melafalkan dzikir itu sebagai suatu ungkapan dan belum dengan aqidahnya. Jadi apa yang harus engkau perbuat marilah kita renungkan hal-hal berikut :

Telah berkata Mursyid kami di dalam ahli Silsilah Tarekat ini  bahwa kalimat thayyibah Laa Ilaha Illallah tergambar dari tingkatan pengamalnya yaitu :

  1. tingkat pemula (awam) “laa ilaha” dimaknai “tidak ada sesembahan”.
  2. tingkat menengah memaknainya “tidak ada maksud”
  3. tingkat tinggi adalah “tidak ada yang maujud”, kecuali hanya Allah.

قال المولى سعد الدين اكاشغر ي ((سألني الشيخ عبد الكبير اليمني، فقال لي ((ما الذكر ؟ ، فقلت ((لا اله الا الله)) ، فقال(( ما هذ ذكر، هذا عبارة )) فقلت له ((افد انت)) فقال (( الذ كر ان تعلم انك لا تقدر عل و جدانه ))

Al-Maula Sa’duddin al-Kasyghari berkata, “Syekh Abdul Kabir al-Yamani bertanya kepadaku “Syekh  Abdul Kabir Al Yamani bertanya kepadaku “apakah dzikir itu ?” Aku menjawab “Laa Ilaha Illallah”. Dia pun berkata “itu bukan Dzikir. Itu adalah ungkapan (ibarat) !!”. Aku pun berkata “jelaskan padaku (tentang dzikir itu). Dia pun menjelaskan “Dzikir adalah engkau tahu bahwa engkau tidak kuasa untuk mewujudkan..”.

Berbarengan dengan mengucapkan dzikir Laa Ilaha Illallah baik dengan lisan maupun qalbumu maka hatimu harus pula berpegang teguh pada keyakinan dan keimanan bahwa engkau tahu dirimu tak mampu dan kuasa mewujudkan apapun. ya benar apapun !!! kecuali Dia Yang Maha Menguasai hidupmu ingin mewujudkan sesuatu itu.

Bila telah sampai kepada hakikat itu yakinlah bahwa hidup kita akan nyaman, bahagia, aman, rizki mengalir tak henti-henti, tiada keresahan dan ketakutan. Karena namaNya yang teramat Agung itu dengan sifatNya yang teramat Indah telah benar-benar menyelimuti dzahir dan bathin kita sahabatku…

 

Wallahu ‘alam

Garut, 25 Mei 2023 pukul 02.00 WIB

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *