Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Apresiasi Keberhasilan UMKM Pondok Pesantren Al-Muhajirin

Share posting

Oleh: Nurlaela

Sandiaga Uno Kunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muhajirin Kampus III Citapen. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Purwakarta – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muhajirin Kampus III Citapen, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakart.

Kunjungan tersebut, dalama rangka memantau langsung program Santri Digital Preneur Indonesia (SDPI) 2023 bertema “Santri Digital untuk Indonesia Bangkit, Indonesia Mendunia” yang berlangsung di Al-Muhajirin Kampus III tersebut, Kamis (10/8/2023).

Sandiaga Uno apresiasi keberhasilan Ponpes Al-Muhajirin selaku pelaku UMKM Pesantren. Juga memberikan Spirit kepada para santri agar sukses di jaman era digital seperti sekarang ini.

“Saya bangga dan apresiasi Ponpes Al-Muhajirin yang telah berhasil sebagai pelaku UMKM di Pesantren, telah berhasil meraih berbagai penghargaan, bahkan produknya nyampai ke Negara Brunai Darussalam.” ungkap Sandiaga.

Untuk menjadi santri yang sukses, terang dia, kuncinya adalah 4 As, Santri harus Kerja keras, Santri harus kerja cerdas, Santri harus Kerja tuntas, dan Santri harus Kerja ikhlas.

Menjadi santri kekinian di era digital, ” Seorang santri harus berinovasi, Santri bisa beradaptasi, dan santri harus mampu berkolaborasi.” jelas Uno.

Ketua Yayasan Al-Muhajirin Ifa Faizah Rohmah, berterima kasih sekaligus apresiasi kepada Sandiaga Uno atas kesempatan telah diberikan kepada Pondok Pesantren Al-Muhajirin dan 10 Pesantren sekitar melalui agenda pelatihan itu.

“Kegiatan ini sangat dibutuhkan pondok pesantren sebagai upaya pembinaan generasi santri masa depan yang bukan hanya mumpuni dalam kemampuan agama tapi juga siap mengisi dunia digital dengan konten yang positif,” kata Ifa yang diharapkan banyak pihak semakin bijak dalam mengemban amanahnya.

Ponpes Al-Muhajirin Purwakarta lama dikenal memiliki perhatian lebih terhadap kemajuan ekonomi kreatif (ekraf), khususnya di kalangan pesantren.

“Galeri Al- Muhajirin” di Jalan Veteran, Purwakarta, salah satu ruang bagi para pelaku ekraf, milik Ponpes Pimpinan Syaikhuna K.H. Abun Bunyamin, M.A., dari sekian banyak berbagai program guna memajukan ekonomi masyarakat yang dimiliki Ponpes tersebut.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *