KPPS Miliki Peran Penting Setrategis Dalam Menjamin Integritas

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Pelantikan KPPS Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut (foto istimewa-grahabignews.com)

Grahabignews.com.Garut – Sebagaimana diketahui, bahwa seluruh KPPS di Kabupaten Garut sudah dilantik, termasuk di dalamnya PPS Desa Pakenjeng kecamatan Pamulihan.

Menurut Ketua PPS Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan, Heri Suhendar, S.Pd.I melalui seluler, Kamis (01/02/2024) bahwa pihaknya telah melantik anggota KPPS sebanyak 105 anggota yang tersebar di 15 TPS diahdiri oleh PPK, Kepala Desa PKD, Polsek dan Babinsa.

Dtegaskannya, pembentukan/penetapan  anggota KPPS yang sudah dilantik, ini sudah sesuai atau sudah berdasarkan pada PKPU  No 8 tahun 2022 tentang pembentukan dan tata kerja badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum

Untuk itu kami sebagai PPS berkewajiban untuk membentuk anggota KPPS di desa kita ini, bersama – sama  berkomitmen dengan kami untuk melaksanakan/menyelenggaraakan pemilihan Umum yaitu pemilihan presiden dan wakil preisden, pemilihaan anggota DPR RI, DPD DPRD Provinsi,dan DPRD kota/kabupaten, ungkap Heri.

Menurutnya, KPPS memiliki peran penting yang sangat setrategis dalam menjamin integritas tugas mulia ini memerlukan dedikasi, ketelitian dan kesungguhan dari setiap anggota KPPS. “Oleh karena itu kepada para anggota yang baru dilantik saya mengajak untuk menjalankan amanah ini dengan penuh rasa tanggung jawab, tanpa memandang perbedaan dan selalu menjunjung tinggi prinsip keadilan”.

Perspektifnya patut diacungi jempol, bahwa proses Pemilu adalah cermin demokrasi kita, mari kita bersama -sama menciptakan iklim yang kondusif untuk melibatkan seluruh warga negara dalam menyalurkan hak suaranya. Edukasi, informasi dan dialog yang terbuka adalah kunci untuk memastikan partisifasi aktif dan sadar dari setiap pemilih.

Penegasan Heri, bahwa sebagai bagian dari panitia penyelenggara, kita juga harus tetap menjaga netralitas, profesionalisme dan transparan dalam setiap langkah yang kita ambil. Kita berkomitmen untuk menjaga integritas dan menghindari segala bentuk praktek yang dapat merugikan keberlangsungan demokrasi.

“Saya yakin, dengan semangat dan kebersamaan kita akan menjalankan tugas ini dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara kita,” ucapnya.

Terima Kasih, selamat bertugas. Dan mari kita bersama-sama menjalankan pemilu 2024 ini dengan penuh integritas dan keadilan, pungkas Heri.

Peliput : Wida Heryani

Editing&Penyunting : Wishnoe Ida Noor

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *