Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, DPMD Garut Gelar Bimtek Kades PAW

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Bimtek Kepala Desa hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Garut – Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, diselenggarakan selama 2 (dua) hari di Hotel Augusta, Jalan Raya Cipanas Garut.

Acara penutupan dilaksanakan oleh Kepala DPMD Garut, Wawan Nurdin, Rabu, (31/01). Dimana acara dihadiri oleh 15 kepala desa hasil PAW, yang telah menjalani dua hari kegiatan Bimtek.

Kegiatan Bimtek tersebut, merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa Kabupaten Garut tahun anggaran 2024. Tujuannya, agar kepala desa dapat lebih memahami potensi yang ada di desa mereka.

Wawan Nurdin menekankan, pentingnya transparansi informasi terkait anggaran yang diterima dan dikeluarkan oleh pemerintah Desa. Bimtek pertama difokuskan pada pemberian materi, sedangkan bimtek kedua lebih menitikberatkan pada silahturahmi dan interaksi antar kepala desa (Kades).

“Kita telah melaksanakan kegiatan bimtek 2 hari. Dengan berinteraksi, kepala desa dapat mendapatkan gambaran potensi yang ada di desa masing-masing, serta memahami transparansi pengelolaan keuangan desa yang dipantau oleh masyarakat,” ungkap Wawan Nurdin.

Semangat untuk mengembangkan potensi desa dan meningkatkan transparansi keuangan menjadi fokus utama dalam acara ini. “Semoga kegiatan ini dapat mendalami potensi masing-masing desa,” harap H. Wawan.

“Dengan pengetahuan yang diperoleh dari bimtek, diharapkan kepala desa mampu lebih efektif dalam memimpin dan mengelola sumber daya desa demi kesejahteraan masyarakat setempat,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *