Pengurus Besar Mahasiswa Keguruan Indonesia (PB MKI)

Share posting

Artikel Eksklusif

Oleh :  Elsa Nurhalizah

Oleh : Elsa Nurhalizah
Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Mahasiswa Keguruan Indonesia (MKI)
(FOTO FILE pb mk-grahabignews.com)

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Mahasiswa Keguruan Indonesia (MKI)

Kasus virus corona di Indonesia menunjukan pertambahan kasus yang signifikan  hingga saat ini pemerintah telah memeperbarui data kasus akibat virus corona tercatat angka kumulasi  kasus positif  corona bertambah menjadi 686 kasus, selasa (24/3/2020) dengan data sebelumnya pemerintah menyatakan 579 kasus positif corona di wilayah RI hingga Minggu (22/3/2020).

Hal ini tidak terlepas dari tindakan  preventif  pemerintah terhadap covid-19 untuk mencegah penularan pendemi covid-19 yaitu dengan lockdown untuk beberapa instansi termasuk satuan pendidikan. namun dalam hal ini cukup menjadi sebuah dilematisasi bagi dunia pendidikan melihat fakta yang terjadi dilapangan menjadi sebuah hal yang tak bisa membuat kami Mahasiswa Keguruan Indonesia (MKI)  tidak bisa hanya berdiam diri saja ditengah panasnya kasus covid-19.

Kami melihat sekaligus merasakan beban terbesar dari dampak  virus corona dalam dunia pendidikan langsung di emban oleh tenaga pendidik, siswa ataupun mahasiswa. Seperti halnya dalam ekonomi menjadi beban  tambahan karna tenaga pendidik, siswa ataupun mahasiswa harus memiliki pulsa/kuota internet, meskipun dalam hal ini pemerintah telah menyediakan layanan gratis namun tidak semua bisa menjangkaunya karna  jika dilihat dalam skala letak daerah tidak semua daerah bisa menjangkau jaringan internet,  sedangkan semua satuan pendidikan telah memberlakukan pembelajaran daring.

Kemudian tidak semua lapisan masyarakat memahami apa itu covid-19 yang dilatar belakangi pendidikan  maupun teknologi sehingga masih saja banyak masyarakat yang berkeliaran ataupun masuk kedalam sebuah kerumuan meskipun  pemerintah  telah menghimbau untuk menjaga jarak atau social distancing.

Hal  ini menjadi problematika yang harus menjadi perhatian karna membutuhkan sebuah solusi untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kesehatan khususnya  peningkatan kualitas pendidikan diamana disaat kasus  virus corona semakin meningkat, kualitas pendidikan  tidak boleh menurun.

Maka Mahasiswa Keguruan Indonesia  (MKI) meminta kepada pihak pemerintah pusat dan daerah khususnya  untuk terus mensosialisasikan apa itu covid-19, lockdown dan social distancing secara konfrehensif dan masif disekitar wilayah lapisan masyarakat  yang dirasa kurang menahami terutama didaerah yang tertinggal dan terluar jauh dari akses informasi diseluruh wilayah provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Indonesia.

Khususunya dari segi kebijakan daerah otonomi, kepada pemerintah daerah kabupaten garut, agar melakukan aksi masif tersebut guna melakukan pemangkasan penyebaran mata rantai Cobid 19 dengan memggugah kesadaran masyarakat.

Melalui  pola gotong royong merangkul seluruh elemen dan aktivis masyarakat  dalam rangka menghadapi ancaman wabah pandemi Covid 19 ini, kita berharap bangsa ini lekas bergegas bangkit pulih kembali.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *