Data Lengkap Warga Dari Desa Atau Kelurahan Guna Mendapat Bantuan Pemerintah

Share posting

Oleh : Nurlaela & Abah Cecep

Data Lengkap Warga Dari Desa Atau Kelurahan Guna Mendapat Bantuan Pemerintah (foto oleh Laela-grahabignews.com)

Purwakarta – Warga masyarakat yang perlu bantuan dari program Pemerintah silahkan mendatangi Desa atau Kelurahan untuk diajukan sebagai Pemohon bantuan. Pihak-pihak terkait pro aktif guna mendapatkan hasil data yang lengkap dan benar. Demikian disampaikan Rahayuana, SPd.MM Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Purwakarta kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (29/4).

Petugas survei ke lapangan guna mengetahui langsung kondisi warga tersebut dan mendapatkan data warga yang lengkap serta akurat, kemudian di lakukan Musyawarah Desa (Musdes) atau Musyawarah  Kelurahan (Muskel).

 

Berita acara hasil Musdes atau Muskel penting untuk di sampaikan ke Pihak Dinas Sosial melalui Aplikasi SIKS- NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation).

Data dari Dinas Sosial di padukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), kemudian disampaikan ke Pusdatin Kemensos (Pusat Data Informasi Kementerian Sosial) Republik Indonesia (RI).

Dari Pusdatin Kemensos dikembalikan lagi ke Dinas Sosial untuk di buatkan Surat Keputusan (SK) Penetapan, di tandatangani oleh Kepala Daerah / Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Hal itu guna mendapatkan, Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial. Tentang, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Nomor ID DTKS. Berguna untuk data di berbagai Kementerian.

Di Kementerian Kesehatan berguna untuk Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Penerima Bantuan Tunai (PBI). Kementerian Pendidikan untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kementerian Agama untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kementerian ESDM untuk Subsidi Listrik dan Kementerian Sosial untuk Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). DTKS dengan Nomor ID berguna untuk penyaluran bantuan tepat sasaran bagi warga yang memerlukan.

Up Date aktif lengkap akurat dan benar dari Desa dan Kelurahan melalui Aplikasi SIKS-NG sangat penting guna ketepatan warga yang memerlukan bantuan segera terealisasi.

Mari semua pro aktif sesuai Pungsi tugas masing-masing, agar pelayanan dan pasilitas yang tersedia lebih bermanfaat mendukung keluarga Indonesia lebih maju.

Bagi petugas Kelurahan dan Desa yang belum paham baik keterangan tekhnis menghimpun  data atau penyampaian melalui Aplikasi, silahkan datang langsung ke Dinas Sosial.

Kita tingkatkan sumber daya dalam tugas yang lebih maksimal melayani warga. Komunikasi dan Koordinasi yang lancar mempermudah pekerjaan. Warga terbantu, Petugas senang.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *