Herman: Warga Sumedang Diminta Waspada Bencana di Musim Hujan

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman, usai Konferensi Pers Tanggap Darurat Bencana Gempa Sumedang. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Sumedang – Masyarakat diminta waspada akan potensi bencana saat musim hujan, khususnya banjir dan longsor. Selain itu, belakangan ini juga terjadi gempa bumi.

“Selain harus waspada gempa, setiap tahun yang harus diantisipasi potensi bencana banjir dan longsor. Sekarang Januari menghadapi puncak musim penghujan,” kata Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman, usai Konferensi Pers Tanggap Darurat Bencana Gempa Sumedang, yakni di Gedung Negara, Senin (8/1/2024).

Dikatakan Pj Bupati, masyarakat harus hati hati dan waspada dengan melakukan deteksi dan lapor dini untuk kemudian lakukan pencegahan dini agar tidak terjadi korban jiwa.

“Saat ini, semua desa di Kabupaten Sumedang sudah membentuk Desa Tangguh Bencana (DESTANA),” tuturnya.

Menurutnya, pembentukan Desatana ini tinggal dioptimasi dan diaktivasi agar semua bergerak. “Jangan sampai bekerja ketika terjadi bencana,” tegasnya.

“Saya sudah kumpulkan Forkopimcam, Camat, Danramil dan Kapolsek untuk antisipasi bencana banjir dan longsor, sehingga Sumedang tanggap bencana,” ujarnya.

Khusus kepada masyarakat, Herman juga menghimbau terkait antisipasi bencana dengan memanfaatkan kearifan lokal berbasis kasundaan.

“Silahkan Gawir Awian, Leuweung Kaian, Lebak Sawahan, Legok Balongan dan Darat Kebonan. Itu jurus karuhun,” imbuhnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *