UPT PUPR di Wil Selatan Laporkan Dampak Banjir Bandang Pameungpeuk

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

kiri-kanan: Kades kades Bojong, Kadis PUPR Garut, Ir. Hj. Luna Avriantini, Ka.UPT Dinas PUPR Kec. Pameungpeuk, Yaya, S.I.P Saat Monitoring Jalan Pameungpeuk-Bojong-Panyidangan yang Tertutup Longsor di Blok Cipalahrar. (Foto: Istimewa – grahabignews.com) 

Garut – Hampir sepekan lalu musibah banjir bandang di wilayah Pameungpeuk dan kini menyisakan sisa-sisa kerusakan yang sangat parah. Bahkan fasilitas umum pun banyak yang hancur terkena derasnya terjangan banjir tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ka. UPT Dinas PUPR Kec. Pameungpeuk, Yaya, S.I.P, saat ditemui GrahaBigNews di ruang kerjanya, Jum’at (16/10). Menurutnya, banyak fasilitas umum yang rusak parah akibat terjangan banjir waktu itu.

“Semua UPT di wilayah terdampak yaitu Kec. Pameungpeuk, Cibalong, Cikelet dan Kec. Cisompet sudah merekap semua fasilitas umukm yang rusak, kemudian dilaporkan ke pihak BPBD tingkat kecamatan untuk ditindaklanjuti di tingkat kabupaten,” jelasnya.

Ka. UPT Pameungpeuk, Yaya, S.I.P Saat Monitoring Kerusakan Bencana Alam Jembatan Cibango di Ds Bojong Kidul Kec. Pameungpeuk. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Diakui Yaya, kerusakan fasilitas umum di Kec. Pameupeuk, yakni ruas badan jalan, jembatan, TPT, gorong-gorong, drainase, irigasi dan juga Sub DAS. Tentu untuk memperbaiki dibutuhkan anggaran puluhan milyar.

Sementara upaya pihak UPT pasca banjir bandang adalah mempersiapan pekerjaan fisik, memastikan aset terjaga serta koordinasi dengan Pemerintahan tingkat desa sampai Kabupaten.

Pengerjaan Pengerukan longsoran oleh masyarakat di Ds. Bojong dan Ds. Bojong Kidul diruas Jalan Pameungpeuk-Bojong-Panyidangan. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Kerusakan insfrastruktur yang dapat ditangani secara manual, masing-masing desa mengerahkan warganya untuk bekerja bakti,” papat Ka. UPT Kec. Pameungpeuk.

Di akhir wawancara, Yaya berharap, Pemerintah baik Pusat, Prov dan Pemkab Garut dapat segera merehabilitasi kerusakan insfrastruktur yang terkena dampak. Pasalnya, sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mengembalikan perekonomian warga.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *