Dinas PUPR Garut Gandeng Bersama Talangseng Bisa, Kelola Sampah di Lingkungan Dinas

Share posting

Oleh: Hidir HIdayat & Rudi Herdiana

Div. Teknologi dan Inovasi Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Vivan Restiawan saat memberikan materi. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Dinas PUPR Kab. Garut menggandeng Komunitas Bersama Talangseng Bisa dalam pengelolaan sampah di lingkungan Dinas PUPR. Acara di gelar di lingkungan Dinas PUPR pada Minggu 22 Nopember 2020 yang melibatkan Office Boy (OB) Dinas PUPR Garut.

Div. Perberdayaan Ekonomi Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Ajat Sudrajat. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Acara tersebut diikuti oleh Komunitas Gempass (Generasi muda mudi pasantren sukadana), Adria Squad dan tim OB Dinas PUPR Garut. Tema yang disajikan adalah Belajar Bareng Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah.

Sesi Poto Bersama Usai Belajar Bareng Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Mewakili Ketua Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Ajat Sudrajat selaku Div. Perberdayaan Ekonomi Kerakyatan mengatakan, tidak bisa dipungkiri, bahwa kita hidup selalu berdampingan dengan sampah. Bahkan permasahan menjadi isu internasional yang sulit dipecahkan.

Komunitas Gempass. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Aku Ajat, Komunitas Bersama Talangseng Bisa sangat mengapresiasi kepada para Office Boy (OB), Gempass (Generasi muda mudi pasantren sukadana), Adria Squad yang hadir untuk mengikuti Belajar Bareng Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah.

Komunitas Adria Squad dan tim OB Dinas PUPR Garut. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Div. Teknologi dan Inovasi Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Vivan Restiawan saat memberikan materi menyampaikan, apabila sampah tidak bisa di lawan, maka jadikan sampah sebagai kawan.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Artinya, jelas Vivan, kita manfaatkan sampah dengan mengelola menjadi bahan yang bermanfaat, semisal di buat pupuk organik (kompos) atau pupuk organic cair (POC).

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Tujuan movement ini, tiada lain mengajak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama terkait sampah yang selama ini dianggap barang yang tidak berharga, bahkan menjijikan. Namun melalui inovasi, ternyata sampai bisa diamnfaatkan dan bernilai ekonomi.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Di akhir percakapannya, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR Kab. Garut yang telah memfasilitasi dan semua yang telah hadir dalam giat Belajar Bareng Pemanfaatan dan pengelolaan sampah. “Semoga hari ini bisa lebih bermanfaat dan terjalinnya silaturahmi,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *