Gubernur Jabar Bersama Bupati Sumedang Tinjau Langsung Lokasi Tanah Longsor Di Desa Cihanjuang, Kec.Cimanggung

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

Gubernur Jabar Bersama Bupati Sumedang Tinjau Langsung Lokasi Tanah Longsor Di Desa Cihanjuang, Kec.Cimanggung (foto oleh Ghani PR- grahabignews.com)

 

Sumedang – Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, tinjau langsung lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Minggu (10 Januari 2021).

Berdasarkan laporan dari BPBD Jabar (Sabtu tanggal 9 Januari 2021), musibah tanah longsor mengakibatkan puluhan warga meninggal dunia dan mengalami luka berat.

“Adanya kemiringan tebing yang cukup curam, menyebabkan terjadinya dua kali longsor yang fatalitas. Hingga pada kejadian pertama sebanyak 8 orang tertimbun, lalu longsor susulan kedua dengan 3 korban mayoritas para penyelamat yang sedang mengevakuasi korban.”

Hal itu, diungkapkan Kang Emil (sapaan akrabnya), ketika meninjau lokasi tersebut.

Selain Danramil Cimanggung Kapten Inf Setyo Pribadi, Kasi Kedaruratan logistik BPBD Sumedang Yedi dan Humas UAR (Potensi SAR) Cahyo Riyadi, termasuk diantaranya yang menjadi korban saat melaksanakan tugas.

Kendati demikian, sebutnya, BPBD Jabar, BPBD Sumedang, Basarnas, TNI-Polri, dan para relawan, masih terus mencari korban yang belum ditemukan.

“Mohon kerjasamanya kepada semua pihak, untuk memberikan ruang aman bagi Petugas agar secepatnya dapat memberikan pertolongan,” tegasnya.

Ia pun berharap, semoga dalam kurun waktu sehari dua hari ini evakuasi selesai. Meskipun areanya tidak terlalu sulit, tapi kita harus tetap waspada akan adanya longsor susulan.

“Menurut laporan yang diterima, masih ada retakan tanah disekitar lokasi bencana,” terangnya.

Dalam kata lain, sebutnya, sesuai SOP bagi masyarakat yang berada di radius rawan longsor, harus segera di evakuasi ketempat lebih aman.

“Hal ini, menjadi peringatan bagi masyarakat beserta Pemerintah setempat, harus paham agar jangan memaksakan tinggal di lahan yang memang rawan dan juga tidak layak huni,” tegasnya.

Terpantau, Kang Emil pun menyerahkan bantuan bagi warga terkena dampak, melalui Bupati Sumedang.

Dimana, sebelumnya Kapolda Jabar Irjen Pol H. Ahmad Dofiri dan Pangdam III Siliwangi Mayor TNI Nugroho Budi Wiryanto, turut meninjau langsung lokasi longsor tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *