Pencerahan Tim Terpadu Pengawasan Ormas/LSM, dan Kasat Intelkan Polres Garut

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Minggu, (18/09/2022) – Didalam kegiatan Peningkatan Peran Funsi Ormas/LSM yang sudah digelar di Rancabango Hotel&Resort Jl. Ngontong-Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler yang diselenggarakan pada hari Kamis (15/09/2022) oleh Bakesbangpol Kabupaten Garut dengan menghadirkan nara sumber dari Akademisi, H. Mahyar, unsur APH, Kasat Intelkam Polres Garut, dan unsur TNI.

Tim Terpadu Pengawasan Ormas/LSM Sekaligus Div. Sat. Intel Kodim 0611 Garut, Peltu Heriawan Setiawan, S.Ip., M.Si. (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Tim Terpadu Pengawasan Ormas/LSM, sekaligus Div. Sat. Intel Kodim 0611 Garut, Peltu Heriawan Setiawan, S.Ip., M.Si pada kesempatan tersebut dengan adanya penguatan Peningkatan Peran Funsi Ormas/LSM yang ada di Kabupaten Garut yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol ini, dirinya sangat percaya bahwa para peserta yang merupakan pengurus dari Ormas maupun LSM ini sudah sangat mumpuni dan berperan aktif membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

“Saya sangat percaya sekali bahwa para Ketua dari Ormas/LSM yang hadir pada kesempatan ini sudah sangat mumpuni dalam keorganisasiannya, kiprahnya yang telah memberikan kontribusi signifikan pada tatanan roda Pemerintahan Kabupaten Garut ini,” ungkapnya tulus.

Namun lanjut Heri, bahwa sesuai denan kapasitasnya di Tim Terpadu Penawasan Ormas/LSM berharap agar di dalam menjalankan Tufoksinya sama-sama saling meningkatkan sinergi, baik dengan Pemerintahan Kabupaten Garut, dengan kepengurusannya secara intern, ekternal, dan berkiprah di masyarakat.

”Jangan sampai dengan maraknya Ormas/LSM di Kabupaten Garut ini disalahgunakan oleh oknum-oknum untuk kepentingan pribadi, sehingga saya berharap bisa saling mengontrol sesama organisasi jangan sampai terjebak dan image di masyarakat tentang Ormas/LSM jadi kurang baik,” tandas Heri.

Kasat Intelkan Polres Garut, Kompol Tito Bintoro, S.H.M.H., (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Senada dengan yang dipaparkan oleh Kasat Intelkan Polres Garut, Kompol Tito Bintoro, S.H.M.H., dan menurutnya bahwa dia sudah tak merasa asing dengan para pengurus Ormas/LSM yang ada di Kabupaten Garut ini dengan selalu membangun sinergi, berkoordinasi dalam setiap menjalankan tugas maupun kegiatan aksi yang akan dilakukan.

Sesuai dengan kegiatan ini yaitu meningkatkan peran serta fungsi Ormas/LSM, maka dari pihak Polres Garut dirinya menjelaskan terkait kewenangan Polri. Selain itu secara teoritis dirinya memaparkan definisi Ormas, azas Ormas, tujuan, fungsi ormas, serta kewajibannya di dalam menjaga ketertiban umum yang terjadi di masyarakat, dan ketertiban dalam tata kelolanya.

Kasat Intelkan berharap dengan adanya kegiatan ini ada tindak lanjut kedepannya, kolaborasi, koordinasi dan lebih ditingkatkan terutama dengan akan dilaksanakannya Pilkada dan Pilkades ke depan. Polres Garut mengucapkan terimakasih kepada kalangan mahasiswa, Ormas/LSM, dan semua pihak atas kontrbusinya sehingga di dalam menjalankan berbagai program semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Acara dianjutkan dengan diskusi dan out bond dari Tim TNI, dimana di dalamnya menitik beratkan terkait kecintaan pada bangsa dan Negara dengan selalu fokus terhadap gejala-gejala yang ada di lingkungan sekitar yang berpotensi merusak keutuhan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Intinya bahwa, dengan membiasakan selalu fokus, konsentrasi penuh dengan pernan dan Tufoksi Ormas/LSM maka semua akan berjalan pada alurnya masing-masing.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *