Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Kabupaten Garut Bersama Kesbangpol Agar Masyarakat Melek Politik

Share posting

Liputan Eksklusif

Oleh : Endang Heryanto & Lilis Yuliati, S,.Pd., M.Pd.

 

Garut – Bertempat di aula kecamatan Banyuresmi di laksanakan Sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat yang di selenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten  Garut, di Aula Kecamatan kawasan KH. Hasan Arif, di hadiri oleh Camat, Danramil, dan Kapolsek, para Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya, Selasa (25/02).

Sebanyak 70 orang menghadiri acara tersebut dari organisasi Kemasyarakatan diantaranya, KNPI, Pemuda Pancasila, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat dari 15 Desa.

Pembawa Acara, Neneng Susana, SE (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

Secara sitematis bahwa susunan acara Sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat tersebut, dibuka oleh pembawa acara, Neneng Susana, SE., hadirin mengikuti lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh petugas, Yohan Yulianti, S.H., dilanjutkan dengan do’a yang disampaikan oleh petugas, Ustadz Nandang Saripudin, S.Ag.

Ustadz Nandang Saripudin, S.Ag. petugas yang membawakan do’a (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

Selepas itu dengan tertib mengikuti sambutan yang disampaikan oleh Camat Banyuesmi, Drs. H. Nurodhin, M.Si. Dalam sambutannya Camat Banyuresmi mengingatkan pada masyarakat untuk berhati-hati di dalam menyerap dan menyikapi informasi, terlebih di era digital sekarang ini, serta jangan mudah terpropokasi dengan informasi-informasi yang dapat menjerumuskan kita, seperti Hoax.

Camat Banyuresmi, Drs. H. Nurodhin, M.Si (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

Untuk itu lanjut Camat, hendaknya kita lebih selektif menerima, menyerap, dan menyikapi berbagai informasi baik yang berkembang di Media Sosial (Medsos) juga sumber lainnya, karena kalu tidak, hal itu akan berdampak negatif baik untuk diri kita sendiri juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Kapolsek banyuresmi, Kompol H. Krisna Irawan, bahwa   kita harus tetap menjaga kerukunan dan ketertiban wilayah.

Kapolsek banyuresmi, Kompol H. Krisna Irawan (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

Selain itu Kapolsek juga menghimbau pada seluruh peserta pada kegiatan Sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat, agar menggunakan hak politik sebaik-baiknya dengan taat pada aturan hukum.

Demikian juga sambutan yang disampaikan oleh Danramil Banyuresmi, Kapt. Inft. H. Sarifin, bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat ini, diharapkan semakin tumbuh kembang menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan meningkatkan kedisiplinan diri.

Danramil Banyuresmi, Kapt. Inft. H. Sarifin (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

“ Bangsa yang besar adalah bangsa yang mencintai negaranya,” itu berarti bahwa jika tidak dimulai kedisiplinan dari diri kita untuk mendisiplinkan diri menjadi bangsa dan warga yang baik demi ketahanan NKRI, siapa lagi? Tandas Danramil.

Sementara dari Kesbangpol Kabupaten Garut bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) disampaikan oleh Kabid Poldagri, Nurdiaman menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk nyata peran pemerintah dalam rangka pembinaan memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

Kabid Poldagri Kesbangpol Kabupaten Garut, Nurdiaman (foto oleh Endang Heryanto-grahabignews.com)

Maksud dari diselenggarakannya acara ini kata Nurdiaman, adalah dalam rangka fasilitasi dan pembinaan politik serta untuk membangun sinergitas iklim poltik di Daerah menuju Garut bertaqwa dan maju sejahtera.

Nurdiaman memaparkan, bahwa tujuannya yaitu menyampaikan berbagai informasi tentang peran fungsi masyarakat dalam mengantisifasi perkembangan dan dinamika kehidupan politik di Daerah, khususnya di Kabupaten Garut.

“Tujuan berikutnya, agar tetap menjaga kondusifita dalam kehidupan berpolitik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku demi ketahanan IPOLEKSOSBUD bangsa,negara dan agama yang kuat,” ungkapnya.

Sehingga hasil yang diharapkan dalam acara sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat, meningkatnya partisifasi politik masyarakat secara aktif. Meningkatnya pengetahuan dan animo masyarakat secara positif dan aktif dalam mendukung suksesnya setiap program pemerintah di Kabupaten Garut. Hal itu tentunya agar masyarakat melek politik, sehingga pendidikan politik bagi masyarakat ini bisa dilaksanakan secara terpadu,dan  berkesinambungan, tandas Nurdiaman.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *