Normalisasi Drainase Jalan Bratayudha, Idealnya Melalui Program Dinas

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Kanan: Ka UPT PUPR Kec. Garut Kota, Undang Hermawan Bersama Staf UPT PUPR Garut Kota, H. Adin. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Intensitas curah hujan yang tinggi pada Senin sore (18/05) di Kab. Garut, mengakibatkan Jalan Bratayudha Kel. Regol Kec. Garut kota terendam air. Luapan air tersebut berasal dari saluran yang berada karena tidak muat menampung aliran air.

Ketika di wawancarai di lapangan, Ka UPT PUPR Kec. Garut Kota, Undang Hermawan, Selasa (19/05) menyebutkan, bahwa air keluar dari sela-sela saluran air. Ketika di cek, ternyata di pintu gerbang STAIDA terjadi sedikit amblas.

Mungkin, jelasnya, karena saluran ini sudah cukup tua, di tambah kendaraan besar keluar masuk STAIDA, akhirnya trotoar amblas dan menyebabkan penyumbatan aliran air.

Drainase di Jalan Bratayudha, penuh dengan lumpur dan material sampah. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Setelah dibongkar, sidementasi saluran air (drainase) di jalan Bratayudha sudah tinggi, selain lumpur dominal material sampah, sehingga menghambat lajunya aliran air. Wajar ketika hujan deras turun dengan durasi cukup lama, air meluap ke jalan,” imbuhnya.

Sebagai antisipasi, masih kata Undang, maka jajaran UPT PUPR Garut Kota melakukan pembongkaran jalan masuk ke STAIDA. Sekaligus pengangkatan material sampah yang ada di saluran tersebut.

Idelanya, jelas Ka. UPT, dilakukan normalisasi saluran, namun jika mengandalkan anggaran UPT tidak mungkin karena cukup berat. Seharusnya untuk normalisasi melalui program dinas agar maksimal, sehingga tidak terjadi lagi luapan air ke jalan raya di kemudian hari.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *