Ular Masuk ke Permukiman Warga, Diduga Kelaparan

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

 

Personel Disdamkar dengan 1 Unit Mobil pancarnya melakukan penyiraman di area Taman Pendopo, Kabupaten Garut.(Foto : Agus Rahmat/Admin Disdamkar Garut)

Garut – Ular ini sempat lari masuk ke dalam Dapur saat petugas dari Tim Animal Rescue berusaha menangkap dengan menggunakan tongkat khusus Snake Hook, informasinya kami transformasikan melalui Kasi Komunikasi dan Kemitraan Diskominfo Kabupaten Garut, Yan Agus Supianto untuk pembaca budiman GrahaBigNews.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Disdamkar) Kabupaten Garut mengevakuasi seekor Ular Jali/Korros (Ptyas Korros) di dalam rumah warga di Kampung Lio, Jalan Gunung Payung, RT 04/RW 03, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Senin (10/08).

Menurut Komandan Regu (Danru)1,  Supriatna, pihaknya mendapat laporan adanya ular memasuki dapur rumah warga bernama Dian (44). Panik ada ular, pemilik rumah langsung menghubungi Disdamkar untuk evakuasi. “Laporannya tadi pagi jam 08.26 WIB, Ular Korros-nya masuk rumah, lima personel kami turunkan menuju lokasi, dan ular itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 08.40 WIB,” ujar Supriatna,

Petugas Animal Rescue Dinas Pemadam Kebakaran mengevakuasi Ular Jali/Korros (Ptyas Korros) di rumah warga, di Kampung Lio, Jalan Gunung Payung RT 04/RW 03, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota. (Foto : Agus Rahmat/Admin Disdamkar kab.Garut)

Saat proses evakuasi, ular yang bersembunyi di bawah meja rumah warga, Dian, itu pun sempat menyerang petugas. Bahkan, ular ini sempat lari masuk ke dalam dapur. Beruntung, dua orang petugas yang mengenakan pakaian pelindung dengan cekatan menangkap ular itu, dengan cara menjepit menggunakan tongkat khusus. Akhirnya, kurang dari 15 menit petugas dari Tim Animal Rescue  berhasil melumpuhkan ular sepanjang 23 centimeter itu berhasil dengan alat tongkat penjepit Snake Hook, dan langsung dibawa ke luar rumah dan dimasukkan ke dalam karung. “Tertangkap satu ular, kita evakuasi kita amankan dan dilepaskan ke habitatnya di hutan. Alhamdulillah tidak korban luka,” ujar Supriatna.

Supriatna menambahkan, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui apa penyebabnya, hal yang menyebabkan Ular Korros tersebut memasuki rumah warga. Diduga karena saat ini sedang musim kemarau, ular tersebut kelaparan sehingga berusaha mencari makanan dan tempat yang hangat untuk bertelur.

Hal lainnya, tuturnya, keadaan rumah warga yang kotor sehingga tikus banyak masuk rumah, yang jadi sumber makanan ular. Selain itu, kebiasaan warga yang suka menumpuk-numpuk barang di tempat gelap, sehingga memicu ular untuk mencari tempat yang nyaman untuk bertelur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *