Diskominfo Menggelar Webinar : “Vaksin Aman Masyarakat Sehat”

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Garut – Yeni Yunita, SE.M.Si.Kepala Bidang IKP Juga Sebagai Humas Gugus Tugas Kabupaten Garut, Didampingi dr. Tri Cahyo Nugroho, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Garut Menjadi Narasumber dalam Webinar dengan Tema Aman Masyarakat Sehat, Rahma Wulan A.Md. yang juga hadir sebagai Moderator dalam acara tersebut, kegiatan dilaksanakan di Command Center Garut, Sabtu 5 Desember 2020.

Yeni Yunita, Memaparkan dalam kesempatan tersebut, penting nya Vaksinasi untuk masyarakat dalam pemulihan kesehatan Nasional Khusus nya Dikabupaten Garut.

Lebih Lanjut, Yeni Menuturkan, dalam Langkah pemulihan dilakukan dengan melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan itu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Masyarakat bisa mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi, sosial dan kesehatan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada.

Disisi Lain dr. Tri, Mengatakan, Vaksin memberikan manfaat penting kepada semua orang. Melalui vaksinasi, kita dapat melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit mematikan. Berdasarkan WHO, pada tahun 2010-2015, setidaknya hampir 10 juta angka kematian di seluruh dunia berhasil dicegah oleh vaksinasi.

Banyak kehidupan yang dilindungi dari berbagai penyakit seperti, pneumonia, diare, batuk rejan, campak, dan polio.

Menurut Tri Cahyo, Vaksin Sendiri, Merupakan zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut.

Ada 4 jenis vaksin

  1. Vaksin hidup. Di antaranya adalah Vaksin Polio Oral (OPV), campak, rotavirus, demam kuning.
  2. Vaksin yang sudah dimatikan. Di antaranya adalah
  3. vaksin pertusis utuh, IPV.

Vaksin yang berisi sub unit dari antigen (antigen yang sudah dimurnikan). Di antaranya

  1. vaksin Hepatitis B.

Vaksin yang berisi toksoid (Toksin yang sudah diinaktivasi). Di antaranya adalah vaksin Toksoid Tetanus dan Difteri toksoid.

manfaat Vaksin

– Mencegah penyebaran penyakit

-Melindungi dari risiko kematian dan cacat

– Menghemat waktu dan biaya :

Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling     murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit. “Ujar, Tri Cahyo Nugroho.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *