Intip Ruang Pelayanan Publik Disdik Kab. Garut Representatif

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Intip Ruang Pelayanan Publik Disdik Kab. Garut Representatif (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

 

Garut – Tahun 2020 akan segera kita tinggalkan, tentu  saja kita akan memasuki tahun baru 2021. Kali ini, Kamis (17/12/2020) dari Redaksi GrahaBigNews kembali menyoroti terkait pelayanan publik yang ada di seluruh SKPD di Kabupaten Garut ini, diharapkan dijadikan bahan evaluasi, dan ada progress, baik dari SDM, sarana dan prasarana, serta indikator lainnya.

Pemenuhan kebutuhan pelayanan publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 dalam pasal 4, bahwa disediakan oleh penyedia penyelenggara pelayanan publik dimaksudkn untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat penyelenggara pelayanan publik itu sendiri salah satu tujuannya adalah  guna terwujudnya system pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik berasaskan pada kepentingan umum, diantaranya mencakup keprofesionalan, tepat waktu, kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan  termaktub dalam pasal 4.

Demikian halnya dengan ruang pelayanan publik  terpadu SKPD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut di kawasan Pembangunan lantai bawah aula Sartika, pantauan GrahaBigNews, Kamis  (17/12/2020) terkait sarana dan prasarananya bisa dikatakan representatif.

Sebelum memasuki ruang publik tersebut, di teras ruang publik disediakan kursi bagi para tamu yang menunggu di luar. Setelah memasuki ruangan, para petugas yang memberikan layanan publik siiap siaga, dan berbagaii sarana digital yang memadai guna memudahkan pelayanan.

Selain itu penataan lainnya ada Televisi dan kursi tamu yang ditata dengan baik, dipadu padankan dengan warna karpet hijau serta disedikan berbagai buku bacaan yang di tata di rak buku, sehingga memberikan kenyamanan d dalamnya.

Lahan parkir yang luas dari mulai pintu gerbang sampai menuju ke parkiran dekat mesjid, di tata bersih terlebih sekarang sudah dilakukan kembali pemeliharannya dengan hotmix, serta penempatan taman dengan jenis pohon juga bunga guna menciptakan lingkungan asri.

Selain itu, terkait dengan pelayanan publik dari SDM dan keprofesionalan SKPD Disdik Kabupaten Garut, selain attitude yang baik, sopan, menjadikan SKPD tersebut familiar di dalam memberikan layanannya, termasuk kepada insan Pers yang ada di Kabupaten Garut ini., jika dibandingkn dengan SKPD lain yang cenderung di duga tertutup, terutama jika para insan Pers hendak melaksanakan tugasnya.

Semoga saja semua itu menjadi bahan evaluasi bagi semua pihak SKPD yang ada di Kabupaten Garut dan perbaikan untuk selanjutnya, dan di tahun 2021 di dalam memberikan pelayanan publik semakin baik pada semua warga masyarakat yang mempunyai hak untuk mndapatkan pelayanan maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *