Serasa Ada Gempa Ketika Longsor Terjadi

Share posting

Oleh : Gun Gun Imat R, S.Th.I.

Lokasi tanah longsor. (foto oleh Gun Gun-grahabignews.com)

Garut – Bencana alam longsor yang menimpa kampung Cipager RT 01 RW 04 Desa Karya Mekar Kecamatan Cilawu menyisakan cerita bagi korbannya. Seperti diceritakan oleh Ibu Mimin salah satu korban yang separuh  rumahnya lenyap terbawa longsor.

Kejadian yang  terjadi pada Jum’at malam tanggal 12 februari 2021 sekitar pukul 20:00 WIB, Ibu mimin dan keluarga merakan seperti ada gempa kecil menimpa rumahnya. “Bapa jiga aya lini, tapi saur caroge the sanes (Bapak terasa ada gempa, tapi kata suami saya bukan),” cerita bu mimin kepada GrahaBigNews saat di temui di rumah kakaknya di RT 01, Senin (15/02).

Ibu Mimin salah satu korban longsor (foto oleh Gun Gun-grahabignews.com)

Waktu itu, lanjut Bu mimin bahwa pada malam itu hujan turun lebat sekali, dan setelah merasakan gempa maka dia melihat keluar rumah dan tenyata sebagian halaman rumahnya sudah tidak ada, maka ia beserta keluarga segera mengungsi ke rumah adiknya.

“Pas kejadian longsor, Alhamdulillah semua barang berharga terbawa, hanya tersisa 1 buah tempat tidur/Kasur karena memang susah membawanya. Sekarang masih merasa takut menginjakan kaki di rumah, takut terjadi longsor susulan,” akunya.

Rombongan KNPI Bayongbong meninjau lokasi longsor Cilawu (foto oleh Gun Gun-grahabignews.com)

Ditambahkan PaK Sumar suami Bu Mimin, longsor susulan masih sering terjadi, tapi hanya longsoran kecil, dan ketika longsoran itu terjadi pergerakan tanah yang seperti gempa itu juga masih bisa dirasakan. Namun di rumah adiknya ini tidak terasa walau hanya beda RT saja.  Pantauan GrahaBigNews yang meninjau lokasi beserta rombongan PK KNPI Kec. Bayongbong, lokasi terjadinya gempa ini memang berada di lembah dengan kondisi tanah yang lempung sehingga sangat rentan terjadi longsor ketika hujan turun. Namun terpantau,  bantuan untuk para pengungsi tersedia karena terlihat banyak stok logistic di posko desa.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *