Akibat Bekas Bekisting, Jalan Ciledug Banjir

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

baju hijau: Kasie Konservasi dan Pengembangan SDA, Beny Nugraha Saat Penanganan Banjir di Jalan Ciledug Kec. Garut Kota, Sabtu (13/03). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Banjir yang menggenangi beberapa ruas badan akibat tingginya curah hujan kemarin (12/03), terjadi pula di pusat kota yakni Jalan Ciledug. Air meluap, tepatnya pada bak kontrol di depan Toko Mekarsari, berasal dari di drainase yang baru di bangun pada tahun 2020.

Bekas Bekisting dan Sampah Hambat Aliran Air. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Melalui pesan WhatsApp, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Garut, Edy Kuntoro menerangkan, selain akibat curah hujan, juga karena sampah warga, ditambah sisa pekerjaan pihak ketiga yang belum tuntas menyebabkan hambatan air drainase Jalan Ciledug.

Jajaran UPT PUPR Garut Kota Saat Penanganan Banjir di Jalan Ciledug Kec. Garut Kota, Sabtu (13/03). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Untuk itu, lanjut Kabid, pihak Dinas PUPR Garut akan membuat surat kepada pihak ke-3 agar segera membersihkan seluruh bekas bekisting karena menghalangi jalannya air, serta memperbaiki trotoar sepanjang 6 meter yang terangkat karena dorongan luapan air.

Material Sampah Yang Berhasil di Angkat Dari Dalam Drainase. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Sementara Kasie Konservasi dan Pengembangan SDA, Beny Nugraha menuturkan, dirinya bersama 6 personil UPT PUPR Garut Kota, Sabtu (13/03) langsung menangani dengan pengangkatan sumbatan yang ada di dalam drainase.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Setelah dilakukan pengecekan, tambahnya, ternyata di dalam drainase terdapat bekas bekisting serta sampah warga. Pada saat hujan deras terjadi, aliran air yang membawa sampah terhambat oleh bekas bekisting sehingga meluap ke jalan.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Karena permasalahannya ada di dalam drainase yang tertutup, personil UPT harus masuk ke dalam drainase untuk mengecek penyebabnya, sekaligus pengangkatan sampah dan bekas bekisting yang menghalangi lajunya air,” pungkasnya.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *