Tim Verifikasi Ombudsman Menyambangi SARABA SAHATE

Share posting

Oleh : Edy Kuntoro, ST., MT.

Saraba Sahate di RW 21 Kel. Kota Kulon Kec. Garut Kota. (Foto: Istimewa  – grahabignews.com)

Kabupaten Garut yang masuk pada tahapan ketiga penilaian Lomba Penghargaan Pembangunan Daerah 2021 tingkat nasional, setelah beberapa hari sebelumnya tim verifikasi mengunjungi kecamatan Wanaraja, Malangbong, Banjarwangi dan Singajaya. Pada hari terakhir kunjungannya di Kabupaten Garut, menyempatkan untuk menyambangi Inovasi SARABA SAHATE (Saluran Bebas Sampah Sehat Sejahtera).

Dalam kunjungannya kali ini, Kamis tanggal 1 April 2021, Tim Verifikasi didampingi oleh Kepala Bappeda Kab. Garut dan jajarannya, Dinas PUPR, Kecamatan, Kelurahan, Diskanak, Dinas Pertanian, Baznas, Komunitas serta pengelola SARABA SAHATE.

Lurah Kota Kulon, Dede Nasir, SE, Kabid SDA Dinas PUPR Garut, Tim Verifikasi Ombudsman dan kepala Bappeda Kab. Garut dan Ketua RW 21 Kel. Kota Kulon. (Foto: Istimewa  – grahabignews.com)

Setelah melihat dan mengamati serta berdialog dengan beberapa pihak yang terlibat dalam inovasi ini, tim Ombudsman banyak memberikan arahan untuk Pengembangan dan kemajuan Inovasi serta memberikan apresiasi terutama karena terlihat adanya perubahan.

Perubahan lingkungan selain tertatanya lahan menjadi lebih rapih dan indah juga memberikan nilai tambah, yaitu ekonomi warga. Sedang perubahan perilaku yang semula membuang sampah sembarangan bahkan ke dalam saluran, sekarang tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Ombudsman berdialog terkait Inovasi. (Foto: Istimewa  – grahabignews.com)

Namun, tentunya perubahan perilaku warga yang telah terjadi, diharapkan tidak hanya untuk lingkungan tempat tinggalnya saja. Akan tetapi berubah menjadi karakter individu yang dimanapun, kemanapun dan kapanpun terkait sampah tidak membuangnya secara sembarangan.

Kepala Bappeda Kab. Garut, Agus Ismail,ST.,MT. yang turut hadir mendampingi, mengamanatkan dan berharap kondisi sekarang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Apalagi sebelumnya, merupakan tempat pembuangan sampah sebagian warga selama puluhan tahun.

Antusiasme masyarakat terhadap kunjungan tim verifikasi. (Foto: Istimewa  – grahabignews.com)

“Sekarang telah tertata indah dan nyaman dan meningkatkan ekonomi setempat. Ditambahkan pula bahwa pemerintah Kabupaten Garut kedepannya akan tetap terus memprogramkan kegiatan-kegiatan yang akan semakin menambah serta meningkatkan kualitas SARABA SAHATE,” imbuh dia.

Semoga inovasi SARABA SAHATE ini dapat ditularkan dan berkembang di tempat lain, agar Kabupten Garut semakin Bersih Sehat dan Sejahtera.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *