Warisan Laluhur yang Dilestarikan Santri Ponpes Al Salimin

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Jizay Zaenal Arifin selaku Pengasuh Ponpes Al-Salimin. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Bulan Suci Ramadhan bulan penuh Rahman dan Ampunan, di mana di Bulan Ramadhan amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. Di beberapa daerah Garut, di bulan suci Ramadhan kerap di laksanakan kegiatan pesantren kilat.

Di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Salimin yang beralamat di Kp. Cibitung Desa Cigintung Kec. Singajaya, pengajian kilat dan pengajian tahunan merupakan aktivitas di Bulan Ramadhan. Dalam pelaksanaannya di bagi menjadi beberapa kegiatan sesuai jenjang usia dari pagi hingga malam.

Pimpinan Ponpes As Salimin, Ust. Gufron. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Menurut Jizay Zaenal Arifin selaku Pengasuh Ponpes Al-Salimin, bahwa tujuannya adalah membentuk peserta didik yang berwawasan keislaman yang utuh sebagai pemimpin dimasa mendatang. Dengan harapan, tercipta peserta didik dam masyarakat yang religius, dan sinergi antara ke Islaman dan ke Indonesiaan.

Dijelaskan Jizay, pelaksanaan kegiatan dimulai setelah Shalat Subuh dengan kegiatan berupa Kajian Al-Qur’an oleh Ust. Nasrul Aziz. Kemudian dilanjutkan mempelajari kitab Kuning, Al-Jurumiyah dan Sullam al-Taufik  sampai siang hari yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Ponpes Al-Salimin, Ust. Gufron dengam diikuti seluruh santri Ponpes Al-Salimin.

Tadarus Al-Qur’an dan pengajian kitab Fathul Qarib oleh Ust. Zaenal Arifin di Ponpes Al Salimin. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Selanjutnya, tambah dia, ba’da Dhuhur tepatnya jam 12.30 yaitu Tadarus Al-Qur’an bersama ibu-ibu setempat sampai menjelang waktu Ashar. Sehabis Ashar, pengajian dilanjutkan kembali yakni pelatihan Qira’ah bersama Ust. Ace Achmad Syafei seorang Qari Nasional yang dikuti oleh seluruh santri Pompes Al-Salimin hingga menjelang Maghrib.

“Malam hari setelah Shalat Tarawih, pengajian berupa Tadarus Al-Qur’an dan pengajian kitab Fathul Qarib oleh Ust. Zaenal Arifin yang diikuti oleh seluruh bapak-bapak dari aasyarakat setempat sampai jam 22.30 WIB,” jelasnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Tutur Jizay bahwa kegiatan tersebut berlangsung dalam rangka menyemarakan Bulan Suci Ramadhan. Di mana pengajian di bulan Ramadhan  merupakan salah satu warisan yang telah diwariskan bertahun-tahun dari sesepuh dan pendiri Ponpes Al-Salimin, Yaitu Aj. Aas Saefuddin, Allah Yarham.

Diakuinya, kegiatan pengajian kilatan dan pengajian tahunan digagas oleh Pimpinan Ponpes Al-Salimin sendiri yaitu Ust. Gufron dengan beberapa tambahan kegiatan lainnya seperti Pengajian Malam hari berupa kitab fathul Qarib oleh Salah satu Ust. Ponpes Al-Salim yaitu Ust. Zaenal Arifin.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Dalam giat tersebut melibatkan beberapa stake holder mulai dari Pimpinan Ponpes Al-Salimin, Ustaz dan Ustazah ponpes al-Salimin serat masyarakat sekitar. Adapun sumber dana dan keuangam Ponpes saat ini, masih bersifat sukarela dan hanya berupa sumbangan dari masyarakat sekitar.

“Setiap Bulan Ramadhan, kegiatan di Ponpes Al Salimin luar biasa, cuman baru sebatas kegiatan kajian dan pendalamam Islam. Sedangkan bantuan pembangunan, bantuan masyarakat berupa uang tunai maupun sembako dan lainnya masih jarang. Makanya saya akan berusaha mencari donator untuk membangun, mulai dari pembangunan sarana atau bantuan kemasyarakat,” ungkap dia.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *