Pohon Tua Robohkan Dua Rumah Warga,Yuda Berikan Bantuan Langsung ke Lokasi

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat, S.Pd.

 

Pohon Tua Robohkan Dua Rumah Warga,Yuda Berikan Bantuan Langsung ke Lokasi (foto oleh Hidir Hidayat-grahabignews.com)

Garut – Kejadian pohon beringin tua berusia ratusan tahun tumbang menimpa rumah warga di Kp.Leuwidaun RT 01 RW 01 Desa Haur Panggung Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, Senin (31/05) sekitar pukul 21.30 selepas hujan mengguyur deras wilayah tersebut.

Kejadian tersebut sesuai prediksi warga setempat, Eman, pemilik rumah yang terdampak.Menurut penuturannya,ia telah memperkirakan sebelumnya bahwa pohon beringin yang besar dengan diameter 3 meter dan tinggi sekitar 30 meter tersebut akan menimpa rumahnya karena ditandai dengan suara gemerisik sebelumnya pada sore harinya.

Ia mengatakan  kejadian tersebut sudah Ia dilaporkan kepada RW setempat sebelumnya,selain menimpa rumahnya,pohon tersebut menimpa rumah pak Obar (72) disamping rumahnya.

“Pak Sobar telah mengungsi ke rumah saudaranya dan telah meninggalkan rumahnya beberapa lama sebelum pohon tersebut roboh,” ucap Eman.

Tak dinyana, musibah pohon tumbang ternyata menimpa rumahnya tepat malam harinya.

Selepas kejadian tersebut esoknya, Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut langsung terjun kelapangan dan mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

Kerumunan warga terlihat di lokasi kejadian. Tak terkecuali Anggota Dewan dari Fraksi PDIP Kabupaten Garut, Yuda Puja Turnawan terlihat di lokasi dan melihat langsung di lokasi kejadian.

Anggota Dewan dari Fraksi PDIP Yuda Puja Turnawan datang langsung ke lokasi bersama Timnya dari DPC PDIP Kabupaten Garut. Yuda memberikan sejumlah sembako dan uang tunai.

“Pak Obar sementara rumahnya ngontrak dulu. Saya selaku anggota DPRD Kabupaten Garut, memastikan tiap SKPD hadir, alhamdulillah BPBD sudah sigap, Dinsos juga akan ada bantuan, dan SKPD lain terlihat di lokasi,” ujarnya.

Lanjut Yuda, pemerintahan desa juga bisa membuat usulan ke perumahan dan pemukiman,dan Setda juga.

“Kesra kabupaten Garut yang ada di Setda bisa meminta bantuan juga dari CSR BJB, makanya kepala desa bisa membuat usulan ke Kesra agar kesra kemudian meneruskan ke BJB atau BUMD yang lain,” katanya.

Terkait bantuan dari PDIP memastikan dalam kontek pembangunan akan bergotong royong dan tidak hanya sekali datang, untuk rumah Eman dan Sobar tentu akan bergotong royong dan memang menjadi kebiasaan sebagai anggota dewan.

Eman warga terdampak pohon beringin tua yang tumbang timpa rumahnya. (foto oleh Hidir Hidayat-grahabignews.com)

“Deteksi dini memang kemarin ada rencana untuk menebang,hanya saja keburu terjadi musibah,namun dalam konten penanganan musibah semua SKPD sigap, kita sangat mengapresiasi itu,” tuturnya.

Yuda mengatakan, bahwa musibah seperti ini pernah terjadi di desa Sanding Malangbong perkotaan dan memang khusus disini harus ada perhatian khusus dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *