Cetak Generasi Qur’ani Dengan Program Mumpuni Ala RTQ Al-Asri

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat

Ustadz. Asum, S. Pd.I Ketua Yayasan Asri Babakan Nanjung Kec. Kadungora Kab. Garut. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Program Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Al-Asri Kadungora untuk tahun pelajaran 2021-2022 berjalan dengan target dan pencapaian selama setahun penuh pendidikan, terutama agama Islam yang mumpuni dan membumi, disebutkan Ustadz. Asum, S. Pd.I selaku Ketua Yayasan Asri Babakan Nanjung Kec. Kadungora Kab. Garut.

Program kedepan yang akan dilaksanakan, kata dia, walaupun ditengah kondisi covid-19 yang tidak kunjung ada kepastian kapan akan berhenti, tentunya tak jadi penghalang dalam mencerdaskan santri dengan metode dan ukuran yang terukur.

Membentengi anak-anak didik terutama santri Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ)Al-Asri dari dampak buruk perkembangan zaman dan tekhnologi terkini adalah sebuah keharusan tanpa terkecuali, meningkatkan dan menyeimbangkan kualitas pengetahuan, membentuk karakter Akhlakul Karimah dan mencetak kader-kader yang cinta ajaran Al-Quran dan mengamalkannya jadi prioritas disamping target yang lain.

Di RTQ Al-Asri yang terletak di Kp. Babakan Nanjung RT 01 RW 10 Desa Cisaat Kecamatan Kadungora ini, yaitu terkait tahfid Al-Quran bahkan di sekolah ini sudah ada santri yang hafal sampai 2 Juzz untuk tingkat usia sekolah dasar.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Disini Alhamdulillah sudah mencetak santri penghafal Al-Qur’an dan akan mencetak kader-kader yang cinta terhadap syi’ar Islam, termasuk ajaran-ajaran Ahlussunnah Waljama’ah,” ujar Ust.  Ust. Asum.

Terkait Nahwu dan Sorof juga ada beberapa bab dhomir yang sudah difahami disamping tahfidz Qur’an dan telah difahami oleh santri dari RW ketot dan RW Babakan Nanjung Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.

“Terkait lagu Islam i juga sudah ada yang hafal terutama lagu penyemangat dari Banser ataupun Ansor,” ujar Ketua Yayasan, Minggu (18/07).

Ust. Asum menyebutkan bahwa ada pengajian maghrib ada sekitar empat tempat dan dari kedua RW tersebut binaan dari beberapa pengajar ditampung di tempat yang sama.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Sudah ada 40 santri dari masa pembukaan kemarin, Alhamdulillah ini adalah buah dari kepercayaan masyarakat kepada Yayasan Asri Babakan Nanjung,” sebutnya.

Tenaga pengajar terdiri dari dua orang pengajar yaitu Ust. Asum sendiri dan Nur Saidah selaku Kepala sekolah Rumah Tahfid Qur’an(RTQ) Al-Asri.

Sebagai penunjang legalitas formal, Madrasah ini juga sedang proses perizinan operasional (IJOP) ke FKPQ yang sudah kerjasama dengan PC Pejuang Islam  Nusantara (PIN) dibawah pimpinan Rd. Agung Gunawan Muhammad, SM dan diharapkan segera terbit.

“Saya berharap untuk generasi Islam kedepan untuk kegiatan keagamaan terus terlaksana terutama di bidang Akhlak hingga menghasilkan generasi Islami yang mumpuni,” harap Ust. Asum mengakhiri Perbincangannya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *