Puskesmas Situ Bersama Pemdes Jatihurip Sumedang Utara Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Jenis Moderna Bagi Masyarakat Umum

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

Puskesmas Situ Bersama Pemdes Jatihurip Sumedang Utara Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Jenis Moderna Bagi Masyarakat Umum (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

 

Sumedang –  UTPD Puskesmas Situ bersama Pemdes Jatihurip menggelar vaksinasi Covid-19 dosis 1 jenis Moderna bagi masyarakat umum, yakni di Aula serbaguna Desa Jatihurip, Kecamatan Sumedang Utara, Sabtu, (04/09/2021).

Adapun tahapannya, dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tahapan pertama verifikasi data peserta, kedua skrining dan penyuntikan vaksinasi, dan tahapan terakhir penjelasan dari Promkes Rukmini, tentang efek samping serta kemungkinan atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Menurut keterangan Kepala Puskesmas Situ dr. H.R. Arief Budiman M.M, melalui Koordinator Imunisasi Neni Suherni Str.,Keb, bahwa sasaran vaksin 584 peserta dengan vaksin yang didistribusikan 39 vial @ 14 dosis (Moderna).

“Sebanyak 47 peserta gagal vaksin, dikarenakan hipertensi, memiliki riwayat anosmia (hilang indera penciuman) dan kontak erat,” terangnya.

Dijelaskannya, upaya yang dilakukan setelah divaksin selain tetap menjaga protokol kesehatan, tentu adanya reaksi  sedikit demam dan sakit kepala.

“Kondisi ini, merupakan hal normal merespon benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Antisipasinya, di istirahatkan, minum obat demam, dan hindari melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat secara berlebihan,” ungkapnya.

Ia pun berharap, agar masyarakat dapat mengikuti kembali vaksinasi dosis 2 yang rencananya akan digelar pada tanggal 2 Oktober 2021, mendatang.

 

“Mudah-mudahan pekan depan sudah datang vaksin sinovac, hingga bisa digunakan pada usia dibawah 18 tahun, terutama bagi anak-anak sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, disampaikan Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Desa Jatihurip Faisal M Nugraha, berapresiasi tinggi dan berucap terima kasih kepada UPTD Puskesmas Situ dan semua pihak atas terselenggaranya vaksinasi tersebut.

“Alhamdulillah, berkat koordinasi UPTD Puskesmas Situ bersama Satgas Covid-19 desa Jatihurip beserta jajarannya, acara vaksinasi ini bisa berjalan lancar dan terkendali,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Faisal, awalnya vaksinasi akan digelar di SMK 1 Sumedang, namun merupakan suatu kebanggaan dengan dialihkannya ke Desa Jatihurip.

“Sebelumnya telah terkumpul data warga yang akan mengikuti vaksinasi sebanyak 800 lebih, tapi hanya terlealisasi pendaptar 600 lebih peserta,” tandasnya.

Atas capaian kinerjanya, untuk pendataan warga yang belum divaksin akan didata kembali. Hingga menjadi evaluasi kedepannya, agar lebih tertib lagi.

“Semoga, warga masyarakat Jatihurip bebas dari terkonfirmasi Covid-19. Dan dari data kondisi eksisting Jatihurip berada pada zona hijau atau resiko tidak ada kasus. Tercatat dari 53 RT dan 15 RW di wilayah Desa Jatihurip, saat ini tidak ada satupun yang sedang isolasi mandiri,” tukasnya.

Hal serupa, ditambahkan Plt Kades Jatihurip Idris Sunjaya, dirinya atas nama pemerintah desa Jatihurip berucap terima kasih kepada semua pihak hingga kegiatan vaksinasi bisa terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya juga sangat berterima kasih atas antusias warga yang menyambut baik vaksinasi kali ini. Begitupun Gugus Tugas Covid-19 Desa Jatihurip sampai ketingkat RT/ RW siaga, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang turut serta mengefektifkan peran sertanya,” imbuhnya.

Idris pun berharap, antusias warga masyarakat yang begitu menyambut baik kegiatan vaksinasi agar tetap dipertahankan.

Semoga kedepannya, kegiatan vaksinasi tersebut berkelanjutan dan dapat diselenggarakan kembali di Desa Jatihurip,” harapnya.

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *