Pemkab Garut Cepat Tanggap, Bangun Kembali Bendung Cadas Gantung

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

H. Uyok Selaku Pelaksana Lapangan CV. Sarana Sejahtera. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Bendung (DI) Cadas Gantung yang terletak di Kp. Cibuntu  Desa Sindangsari Kec. Cigedug yang ambruk beberapa bulan lalu, kini tengah dilaksanakan pembangunan kembali oleh CV. Sarana Sejahtera, Senin (11/10).

Pelaksana Lapangan CV. Sarana Sejahtera, H. Uyok kepada GrahaBigNews menjelaskan, bahwa saat ini pelaksanaan pembangunan telan mencapai 32 persen lebih.

Diakui dia, memang dalam perencanaan harusnya sudah mencapai 40 persen, pasalnya di awal pekerjaan kesulitan pemindahan aliran air, sosialisasi kepada masyarakat dan kesulitan jalan masuk kendaraan pengangkut barang.

Tapi, sambung H. Uyok, kami akan mengejar target di minggu depan mencapai 50 persen dengan cara menambah pekerja dan jam kerja serta suplay bahan yang optimal, sehingga ketika pelaksanaan tidak ada hambatan karena kekurangan bahan.

kiri-kanan: Gun Gun Imat R selaku Pengurus Poktan Mekar Tani, Kabid SDA Dinas PUPR Garut, Edy Kuntoro dan H. Uyok Selaku Pelaksana Lapangan. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Memang di awal pekerjaan, kesulitan akses masuk untuk kendaraan pengangkut bahan. Tapi, Alhamdulillah setelah melakukan koordinasi dengan berbagai elemen, akhirnya kendaraan bisa masuk ke lokasi,” ujar. H. Uyok.

Untuk pekerja, sebagian besar justru masyarakat setempat dan bahan yang digunakan, selama bahan ada di tempat dan sesuai spek, maka menggunakan bahan yang ditempat. Tujuannya dalam rangka pemberdayaan masyarakan sekitar lokasi pekjerjaan.

Di akhir wawancara, dirinya menjelaskan bahwa dalam rencana kegiatan, kurun waktu pekerjaan selama 120 hari, tapi kami menargetkan 100 hari.  “Jika 120 hari akan ada kendala saat pembayaran karena melewati tahun,” tutup H. Uyok.

Sementara Gun Gun Imat R selaku Pengurus Poktan Mekar Tani Desa Ciburuy Kec. Cigedung mengatakan, bahwa dengan kejadian ambrolnya Bendung Cadas Gantung, masyarakat yang berada di bagian hilir terkena dampak yang parah.

Rehabilitasi Peningkatan DI Cadas Gantung (293 ha). (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Betapa tidak, sambungnya, puluhan hektar areal pesawahan dan perkebunan di beberapa desa, termasuk Desa Ciburuy serta sebagian desa di Kec. Bayongbong tidak terairi. Bahkan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti untuk mandi, cuci, kakus sangat kesulitan.

Oleh karena itu, dirinya dan atas nama masyarakat sangat berterima kasih serta bangga kepada aparatur Pemerintah, khususnya Dinas PUPR Kab. Garut dan Bupati Garut  yang cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dengan segera dibangunnya kembali Bendung Cadas Gantung.

“Alhamdulillah, dengan dibangunnya kembali Bendung Cadas Gantung, khususnya warga Desa Ciburuy sebagai penerima manfaat, sebentar lagi bisa mengelola areal pertanian dan kebutuhan MCK tidak akan susah lagi,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *