Impian Hendra Miliki Rumah Layak Di Jawab Baznas Garut

Share posting

Oleh : Hartono & Wishnoe Ida Noor

Ibu Rina Musfiroh, Kasubag Kesejaheraan Sosial Agkesra Kabupaten Garut , Ketua Baznas Kab. Garut, Abdullah Efendi beserta Staff, dan Hendra peneriman manfaat (foto oleh Hartono-grahabignews.com)

Garut – Bagi warga masyarakat yang mendapatkan bantuan dari program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemerintah, tentu saja disambut dengan suka cita. Karena, setidaknya mereka akan memiliki rumah yang betul-betul layak huni yang nyaman, bersih, dan aman.

Namun, program tersebut tidak semuanya bisa terkaper oleh Pemerintah, dan bagi seorang warga di Kp. Cukang Kawung RT 02 RW 05 Desa Sirnagalih Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut atas kunjungan dari Ketua Baznas Kabupaten Garut beserta jajarannya, dan dari Agkesra, mengaku terharu bercampur senang, karena pembangunan rumahnya akan segera direalisasikan.

Rina Musfiroh, Kasubag Kesejaheraan Sosial Agkesra Kabupaten Garut di lokasi Kp. Cukang Kawung RT 02 RW 05 Desa Sirnagalih Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (10/12/2021) (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Menurut Rina Musfiroh, Kasubag Kesejaheraan Sosial Agkesra Kabupaten Garut di lokasi Kp. Cukang Kawung RT 02 RW 05 Desa Sirnagalih Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (10/12/2021)  pada GrahaBigNews bahwa ajuan dan pengaduan masyarakat yang bersipat mengusulkan rumah tidak layak huni sangatlah banyak dari berbagai Desa dan Kecamatan di Kabupaten Garut, hal tersebut dibantu atas perintah Bupati yang tercantum runut sesuai program dan anggaran yang ada.

“Sering juga pak bupati mengeluarkan uang secara pribadi dan menyelesaikan 75 persen dari anggaran RAB rumah tersebut, sementara yang saat ini dibantu anggaran yang bersumber dari Baznas sebesar 15 juta dan diberikan berupa barang, agar penerima menerapkan bahan dengan maksimal sementara untuk tenaga kerja bersipat swadaya dan gotong royong antar warga di lingkunganya,” jelas Rina.

Kondisi rumah Hendra (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Dikatakannya bahwa, program rumah tidak layak huni juga kita dapat dari CSR yang bersumber dari Bank BJB, BPR, dan dari Baznas seperti yang kita lakukan bersama Bapak Ketua Baznas meninjau langsung rumah  Bapak Hendra.

“Berdasarkan laporan dari Kepala Desa bahwa salah satu warganya ada rumah runtuh, dan  kami bergerak melaporkannya  pada Pak Bupati. Pak Bupati menginstruksikan untuk melapor segera ke Ketua Baznas, dan  saya langsung telepon pak ketua. Alhamdulilah respon baik langsung mendistribusikannya,” ungkapnya.

Ditambahkan Rina, bahwa Bupati Garut, H. Rudy Gunawan di dalam membantu rumah tidak layak huni berdasarkan aduan langsung, 70% sudah beres rumahnya itu kebanyakan uang pribadi Bapak Bupati, kemudian  dari Desa atau Kecamatan.

Hendra (38) dari Kp. Cukang Kawung RT 02 RW 05 Desa Sirnagalih Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, penerima manfaat Rutilahu (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Adalah Hendra (38) dari Kp. Cukang Kawung RT 02 RW 05 Desa Sirnagalih Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, ketika ditanya oleh GrahaBigNews atas kunjungan Ketua Baznas Kabupaten Garut guna meninjau ke lapangan, dimana kondisi rumah miliknya yang akan di bangun, dirinya mengaku sangat senang atas kedatangan Ketua Baznas Kabupaten Garut beserta jajarannya untuk meninjau langsung ke lokasi dan menyerahkan bantuan untuk pembangunan rumah dari program Rutilahu.

“Alhamdulullah saya sekeluarga bersyukur pada Alloh SWT, ada rezeki dan miliknya dengan bantuan dari Bapak Ketua Baznas Kabupaten Garut untuk memperbaiki rumah kami,” ucapnya.

Kondisi rumah Hendra (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Dengan profesi sebagai petani, bagi Hendra bantuan  ini  sangat berharga, karena menurutnya dengan rumah yang layak nantinya selain nyaman, aman, juga memenuhi unsur kesehatan bagi istri, dan kedua anaknya.

Diakhir penjelasan singkatnya, sekali lagi, Hendra mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Garut melalui Baznas  telah memperhatikan kelurga kami, sehingga rumah kami yang sudah tidak layak huni ini mendapatkan bantuan untuk diperbaiki, semoga menjadi berkah.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *