195 Guru Kec. Garut Kota Tandatangani MoU Bersama BAZNAS Potong TPG

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor & Hartono

195 Guru Kec. Garut Kota Tandatangani MoU Bersama BAZNAS Potong TPG (foto oleh Hartono-grahabignews.com)

Garut – “zakat diwajibkan bagi yang mampu, artinya bahwa di dalam harta kita ada hak bagi orang lain. Dan saya mengingatkan pada semua teman-teman di lingkungan Dinas Pendidikan, saya selaku Kadisdik menyentuh sisi akhlaq, maka keluarkanlah harta yang menjadi hak orang lain, bisa sadakoh, zakat, dan lainnya yang dilskukan dengan keihklasan”.

Demikian ditandaskan oleh Kadisdik Kabupaten arut, Ade Manadin, M.Pd pada acara sosialisasi zakat TPG (Tunjangan Profesi Guru) di Aula PGRI Kecamatan Garut Kota kawasan Suherman, Selasa (22/03/2022) dihadiri dari pihak  Baznas,  Cecep Rukman, S.Sos., M.Si., Kabid SD Disdik Garut, H. Entib Satibi, M.Pd., Kasubag Umum, H. Erom, para Korwas, Kepala Sekolah, dan Guru.

Kadisdik Kabupaten arut, Ade Manadin, M.Pd (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Sebagaimana diketahui, bahwa TPG ini adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikasi pendidik dari pemerintah sebagai apresiasi atas profesionalitasnya.

Kadisdik merasa terharu, bangga sekaligus memberikan apresiasi dengan sikap dan tindakan serta kekompakan 195  Guru yang ada di Kecamatan Garut kota yang memberikan TPG-nya melalui Baznas. Karena ini merupakan upaya di dalam peningkatan mutu pendidikan di tunjang dengan SDM, karakter, sikap dan kinerja Guru dalam menjalankan tugasnya dan kewajibannya.

“Saya apresiasi atas keikhlasan dari seluruh Guru yang ada di Kecamatan Garut Kota di dalam menyisihkan hartanya berupa TPG disalurkan pada Baznas. Semoga menjadi amal ibadah,” ungkapnya.

Kadisdik menegaskan agar selalu membangun komunikasi yang baik, sehingga selain meningkatkan silaturahmi juga dapat memberikan solusi dari berbagai persoalan yang menyangkut  marwah pendidikan.

“Saya selaku berkomitmen dengan istri, bahwa  harta yang kita makan, kita gunakan ada hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan/kita berikan,” tandasnya.

Dengan adanya kekompakan dan kesadaran dari para kalangan Guru di Kecamatan Garut Kota memberikan hak TPG nya dan memberikan pada yang berhak menerimanya yang disalurkan melalui Baznas, hal ini merupakan sutau tindakan  yang bagus, lanjut Kadisdik.

 

Itu artinya kita sudah menyadari akan hak-hak orang lain dengan mengreuarkan zakat, semoga menjadi amal ibadah dan itu harus kita lakukan dengan keikhlasan, ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kadisdik memberikan kadeudeuh pada 17 Guru berstatus janda dengan harapan semoga betmanfaat.

Senada yang disampaikan oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, M.Pd., dan memberikan apresiasi pada semua Guru di lingkungan yang dipimpinnya termasuk para Kepala Sekolah, dan Korwas yang kompak serta penuh kesadaran menyalurkan hartanya dari TPG ini melalui BAZNAS.

Di Garut Kota ini 248 terdiri dari Kepala Sekolah  dan Guru-guru, dan yang hadir pada kesempatan hari ini sebanyak 195 adalah Guru-guru yang akan menzakatkan TPG-nya melalui BAZNAS.

“Garut Kota adalah paling terbanyak yang menyerahkan TPG – nya pada Baznas. Garut Kota Bisa ! Garut Kota

Yes…yes…yes…,” pungkasnya.

Ketua PGRI Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Rachmat, S.Pd (foto oleh Om Jajang-grahabignews.com)

Ditempat yang sama dikatakan oleh Ketua PGRI Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Rachmat, S.Pd selain memberikan apresiasi pada rekan-rekan Guru di lingkungan Kecamatan Garut Kota atas kekompakan mereka menyalurkan TPG-nya melalui BAZNAS diringi harapan akan semakin solid, dan ini merupakan suatu pendidikan karakter agar peduli pada sesama, baik dengan bersodaqoh maupun berzakat.

Kabid SD Disdik Garut, Kadisdik, Korwil Kec. Garut Kota dan Ketua PGRI Garut Kota (foto oleh Hartono-grahabignews.com)

Sejatinya, jika hal itu terus dibangun dan diimplementasikan oleh rekan-rekan yang ada di lingkungan pendidikan Kecamatan Garut Kota yang sudah mampu berkewajiban memberikan harta pada yang berhak menerimanya serta akan semoga menjadi aal ibadah, pungkasnya.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *