Esensi Sumpah Pemuda Melanjutkan Perjuangan Di Peristiwa 28 Oktober 1928 Dengan Karya Nyata dan Kemandirian

Share posting

Wawancara Eksklusif

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd.

Esensi Sumpah Pemuda Melanjutkan Perjuangan Di Peristiwa 28 Oktober 1928 Dengan Karya Nyata dan Kemandirian (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Garut – Ditemui GrahaBigNews di ruang kerjanya usai melaksanakan Upacara bendera dalam rangka memmperingati hari Sumpah Pemuda ke 94 di Jl. KH. Hasan  Arif  Banyuresmi, Jumat (28/10/2022), Camat Banyutesmi Kabupaten Garut, Dra. H. Eti Nurul Hayati, M.Si., terkait dengan makna peringatan Sumaph Pemuda.

Baginya,  makna  Sumpah Pemuda itu sangat luar biasa, karena dengan adanya perjuangan para pemuda terdahulu, sekarang kita dapat merasakan kemerdekaan yang sangat bermakna ini.

“Dan tentunya perjuangan ini harus kita lanjutkan oleh para pemuda pemudi masa kini,” ujarnya.

Camat Banyutesmi Kabupaten Garut, Dra. H. Eti Nurul Hayati, M.Si (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Lanjut Camat Banyuresmi, bahwa kita selaku pemuda saat ini telah menikmati perjuangan – perjuangan tempo dulu, sehingga kita dapat menimati kemerdekaan Negara ini. Atas  ridho Allah SWT,  perjuangan pemuda-pemudi pada tanggal 28 Oktober 1928 Alhamdulillah dapat mencetuskan Sumpah Pemuda yang berisi, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Menurutnya, saat ini para pemuda dan pemudi Indonesia harus melanjutkan tekad para pemuda saat itu, mempertahankannya  dan memperjuangkannya sepanjang masa.

Dijelaskannya, eksistensi yang harus dilaksanakan para pemuda saat ini adalah harus selalu berusaha untuk mandiri  sebagai genersi penerus bangsa yang akan mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai hal yang positif serta dapat mengimbangi era globalisasi yang serba digitalisasi. Tentunya sebagai  generasi muda, kita tidak boleh ketinggalan jaman dengan adanya perkermbangan IT ini, yang akan menyebabkan kita terbelakang.

“Semakin maju perkembangan jaman dan perkembangan dunia  IT, maka kitapun harus mampu mengimbanginya dengan berbagai disiplin ilmu sebagai dasar bagi kita,’ tandasnya mengakhiri penjelasan singkatnya pada GrahaBigNews.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *