Sya’ban Bulan Penuh Berkah dan Kebahagiaan

Share posting

Artikel Eksklusif

Oleh : Dr. Yogi Muhammad Rahman, S.H.,M.H

Penasehat Pasulukan Loka Gandasasmita

Ilustrasi-Story Cilacap.info

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ الْعِنَايَةِ الْعَآمَّةِ وَالْهِدَايَةِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillãhirrahmãnirrahîm

Washshalãtu wassalãmu ‘alã Muhammadin wa ãlihî ma’at taslîmi wabihî nasta’înu fî tahshîlil ‘inãyatil ‘ãmmati wal-hidãyatit tãmmah, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, kepadaNya kami memohon pertolongan dalam mencapai inayahNya yang umum dan petunjukNya yang sempurna, âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn“.

Telah berkata Mursyid kami Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, seorang Wali Allah, ulama Besar dunia :

إن شهر شعبان من أشهر الكريمة و المواسم العظيمة، و هو شهر بركاته مشهورة، و خيرته موفورة، و أفضل الغنائم الصالحة، و الطاعة فيه من أكبر المتاجر الرابحة، جعله الله مضمار الزمان، وضمن فيه للتائبين الأمان، من عود نفسه فيه بالاجتهاد، فاز في رمضان بحسن الاعتياد

“Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah termasuk dari pada bulan-bulan yang mulia dan waktu-waktu yang agung. Dan ia adalah sebuah bulan yang keberkahan-keberkahannya sudah masyhur/dikenal, dan kebaikan-kebaikannya melimpah. Dan taubat didalamnya termasuk yang paling utama dari pada berbagai keuntungan yang baik, dan berbuat ketaatan didalamnya termasuk yang paling besar dari pada berbagai perdagangan yang menguntungkan. Allah telah menjadikan bulan ini sebagai sebuah waktu untuk kita berlomba didalamnya (untuk meraih kebaikan), dan telah menjamin dibulan ini keamanan bagi orang-orang yang bertaubat. Dan barang siapa yang membiasakan dirinya dibulan ini dengan bersungguh-sungguh (dalam taubat dan taat), maka dia akan beruntung/sukses dibulan Ramadhan, sebab dia sudah terbiasa melakukan hal kebaikan.”

Saudaraku yang dimuliakan Allah, salah satu amalan yang bisa dilakukan pada bulan Syaban adalah melakukan puasa sunah. Dari sekian banyak puasa sunah, puasa Syaban merupakan salah satu puasa yang paling banyak keutamaannya dan sangat dianjurkan.

Bahkan Rasulullah SAW juga sangat senang melakukan puasa di bulan Syaban dan memperbanyak puasa di bulan tersebut.

Terkait hal ini, Syeikh Nawawi al-Bantani dalam Nihayatul Zein mengatakan:

صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صل الله عليه وسلم يوم القيامة

“Puasa Syaban (disunahkan) karena Rasulullah SAW menyukai puasa pada bulan itu. Siapa yang puasa Syaban, dia akan memperoleh syafaat Rasulullah SAW di hari akhirat kelak.”

Penjelasan Syekh Nawawi ini turut diperkuat oleh sejumlah hadis serta kesaksian sahabat.

Ibnu Khuzaimah dalam Shahih Ibnu Khuzaimah menampilkan sebuah riwayat dari ‘Aisyah, dia berkata:

كان أحب الشهور إلى رسول الله عليه وسلم أن يصومه شعبان، ثم يصله برمضان

“Bulan yang paling disukai Rasulullah SAW untuk berpuasa ialah Syaban, kemudian dilanjutkan dengan puasa Ramadhan”

Dalam riwayat al-Bukhari, ‘Aisyah mengatakan:

وما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل صيام شهر قط إلا رمضان، وما رأيته أكثر صياما منه في شعبان

“Aku tidak melihat Rasulullah SAW puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak melihat melihat beliau banyak puasa kecuali pada bulan Syaban.”

Ketika memasuki bulan Syaban, Mursyid kami Abah Guru Sekumpul memaknainya dengan penuh keistimewaan. Menurut Abah Guru Sekumpul,  Syaban adalah bulannya kekasih hati Rasulullah SAW.  Di bulan Syaban ini, Allah banyak mengangkat derajat hamba-Nya menjadi kekasih Auliya. Salah satu asbabnya adalah karena sholawat yang mereka baca.

Betapa banyak yang menjadi Waliyullah disebabkan banyaknya membaca shalawat di bulan Sya’ban. Salah satu contohnya, Syekh Fudhail bin Iyadh dulu beliau seorang perampok, tetapi beliau mendapat hidayah sehingga bertaubat. Dan Allah mengangkatnya menjadi salah satu Auliya-Nya di bulan Syaban.

Semoga Allah memberi kita semua keberkahan di bulan yang istimewa ini.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *