Minimalisir Kerawan Pemilu 2024, Bawaslu Garut Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

 

Komisioner Bawaslu Garut Bidang Pengawasan, Iim Imron. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

 

grahabignews.com, Garut – Dalam menyukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Garut gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif sekaligus Launching IKP (Indeks Kerawanan Pemilu) 2024 di Ballroom Fave Hotel, Kawasan Cimanuk Kab. Garut.

Menurut Komisioner Bawaslu Garut Bidang Pengawasan, Iim Imron bahwa IKP kab. Garut berada di angka sedang, tetapi untuk kategori kontestasi termasuk tinggi.

Maka dengan dilaksanakan sosialisasi tersebut, diharapkan menjadi salah satu media untuk melakukan mitigasi, kemudian pemetaan potensi-potensi pelanggaran yang akan muncul pada saat Pemilu 2024 nanti, sehingga dapat dilaksanakan pencegahan sedini mungkin.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Dengan sosialisasi terkait dengan aturan Pemilu kepada peserta Pemilu, supaya setiap peserta Pemilu sadar terkait dengan aturan-aturan seperti proses kampanye terutama dalam kontestasi di pemilu 2024,” jelasnya.

Lanjut dia, sekarang pihaknya tengah mencermati terkait dengan hak pilih, terutama beberapa warga yang secara dokumen kependudukannya tidak ada, tetapi secara factual mereka ada, maka kami akan rekomendasikan agar masuk hak pilih.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Kemudian, jelas Iim, tentang pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pihaknya akan mengevaluasi apabila ada masyarakat belum di coklit, untuk itu akan direkomendasikan agar di coklit ulang oleh KPU.

“Kemarin kita menemukan ribuat data-data ASN yang masuk DPT, baik dari Anggota TNI, POLRI maupun ASN. Alhamdulillah, sudah di coret sebagai DPT,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *