Desa Cinta Wakili Jabar ke Tingkat Nasional di Ajang Lomdeskel

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Kantor Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kab. Garut. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Garut – Desa Cinta Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut mendapat anugrah sebagai desa terbaik dalam ajang Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Dimana berkat kegigihan Pemerintahan Desa bersama warga membangun desa, Desa Cinta meraih juara 1 Kategori Desa terbaik di event yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

Hak tersebut diketahui melalui pengumuman dari PMD Provinsi Jawa Barat melalui akun Instagram @dpmdesajabar, Senin (26/06).

Oleh karena itu, Desa Cinta berhak mewakili Provinsi Jawa Barat dalam Lomdeskel tingkat Nasional Tahun 2023 bersama dengan Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung yang menjadi Juara 1 Kategori Kelurahan.

Dalam mencapai kejuaran tersebut, desa tersebut telah mengikuti berbagai tahapan, baik sekeksi administrasi, ekpose dan terakhir verifikasi lapangan.

Selaku Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, pihaknya bersyukur karena desa yang dipimpinnya bisa dinibatkan menjadi Juara 1 Lomdeskel Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Lanjutnya, untuk penilaian tahapan nasional, dimulai dengan mengunggah (upload) data administrasi, berikut video selayang pandang Desa Cinta. Kemudian expose terkait Desa Cinta itu sendiri, bersama provinsi lain, seperti dengan Provinsi Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

“Terkait waktu dan tempat, kami belum dapat informasi secara detail, setelah expose langsung rechecking ke lapangan untuk menentukan juara 1 tingkat nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menuturkan jika dalam waktu dekat tim provinsi akan kembali datang ke Kabupaten Garut, untuk mengakumulasi hal-hal yang menjadi kekurangan yang dimiliki oleh Desa Cinta.

Untuk itu, Sekda menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk turun ke lapangan, guna menggenapkan atau menyempurnakan kekurangan yang ada setelah ada saran dan bimbingan dari tim provinsi.

“Alhamdulilah, semiga berkat doa dari rekan-rekan semua, Desa Cinta bisa masuk ke kancah nasional, mudah-mudahan bisa jadi pemenang di tingkat nasional,” harapnya.

Sekda berharap, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di tingkat kecamatan maupun kabupaten dan juga para camat sebagai leading sector agar bisa memiliki satu desa binaan yang representatif untuk dilombakan dan menjadi unggulan untuk dilombakan di tahun mendatang.

“Sehingga nanti semua desa, akhirnya bakal memiliki platform yang sama, terkait dengan kondisi yang diharapkan oleh masyarakat,” tandasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *