Bimtek Kurikulum Merdeka Dilingkungan Pendidikan Kecamatan Banyuresmi

Share posting

Liputan Eksklusif

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd

Bimtek Kurikulum Merdeka Dilingkungan Pendidikan Kecamatan Banyuresmi (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Grahabignews.com, Garut – Tepat pukul 8.30 WIB, Bimtek Kurikulum Merdeka di mulai, Selasa (29/08/2023). Dengan diawali pembacaan ayat suci Al-qur’an yang di kumandangkan oleh Eminudin, S.Pd., guru SDN 2 Banyuresmi, acara berlangsung dengan khidmad. Setelah pembacaan do’a acara dilanjutkan dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya di pimpin oleh Epa Kuslia, S.Pd., M.Pd., Kepala SDN 2 Karyamukti.

Ketua K3S Kabupaten Garut, Zaenal Arifin, S.Pd. (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Laporan ketua pelaksana  Zaenal Arifin, S.Pd.,  ketua Gugus 2 Dangdeur sekaligus Ketua K3S Kabupaten Garut dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan di laksanakannya Bimtek kurikulum merdeka di lingkungan wilayah pendidikan kecamatan Banyuresmi adalah tindak lanjut dari jadwal pembinaan yang telah disusun Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuresmi.

Lebih lanjut Zaenal Arifin mengungkapkan tujuan lainnya adalah untuk   memperkenalkan konsep dan tujuan Kurikulum Merdeka bagi para guru.

“Menggali pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya penguatan Karakter pelajar dengan nilai-nilai Pancasila, meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan karakter Pancasila. Mendorong kreativitas dan inovasi  dalam proses pembelajaran untuk mencapai pendidikan  yang lebih berkualitas. Juga tersusunnya dokumen pembelajaran Kurikulum Merdeka,” tandas Zaenal Arifin.

Pengalungan tanda peserta oleh Korwil bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi, Gunara Taofik, S.Pd., M.M.Pd. (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Untuk kegiatan pelaksanaan Bimtek kelas 1 yang dilaksanakan hari Selasa 29 Agustus 2023, di buka oleh Korwil bidang Pendidikan  Kecamatan Banyuresmi, Gunara Taofik, S.Pd., M.M.Pd., dengan pengalungan tanda peserta bimtek sebagai tanda di mulainya Bimtek. Acara  yang diikuti oleh guru-guru kelas 1, kelas 4 juga kepala sekolah di lingkungan korwil kecamatan Banyuresmi ini, akan dilaksanakan selama 3 hari.

Para peserta Bimtek (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)
Pudin, M.Pd., Pengawas Garut Kota (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)
Antusias Para peserta Bimtek (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Waktu pelaksanaanya di bagi menjadi tiga bagian, untuk kelas 1 pelaksanaan pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, di SDN 2 Bagendit, Jl. KH. Hasan Arif. Kelas 4 hari Rabu, 30 Agustus 2023 akan di laksanakan di SDN 1 Banyuresmi,  Jl. KH. Hasan Arif dan untuk Kepala sekolah bertepatan pada hari kamis, 31 Agustus 2023 bertempat di Aula Guru Kantor wilayah pendidikan Kecamatan Banyuresmi di Jalan KH. Hasan Arif juga.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini 60 orang guru dari 49 sekolah SD yang ada di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut.

Hj. Leli Karliani, S.Pd., M.Pd. (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)
Ketua KKPS Kabupaten Garut, Jejen, S.Pd., M.M.Pd., (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Dalam  pelaksanaan bimtek ini, menghadirkan  para pemateri  diantaranya Korwil bidang pendidikan Kecamatan Banyuresmi,  Gunara Taofik, S.Pd., M.M.Pd., KKPS Kabupaten  Garut, Jejen, S.Pd., M.M.Pd., pengawas  bina, Hj. Leli  Karliani, S.Pd., M.Pd., kordinator pengawas, H. Enduh Yayat,S.Pd.i. dan kepala sekolah penggerak SDN 4 Bagendit, Hj.Dede Mariah K,S.Pd.,M.Pd.

Korwas H. Enduh Yayat, S. Pd.i., dan Hj. Dede Mariah Kandi, S.Pd., M.Pd. (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Acara di tutup tepat pukul 15.30 WIB, oleh kordinator pengawas H. Enduh Yayat,S.Pd.i., dengan harapan  semoga kegiatan bimtek ini ada tindak lanjutnya,  dan bermanfaat bagi guru-guru yang ada di Kecamatan Banyuresmi.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *