Penyelidikan Keracunan Massal Di Kecamatan Kiarapedes Masih Dalam Proses Kepolisian Resor Purwakarta

Share posting

Oleh: Nurlaela

Keracunan Massal Di Kecamatan Kiarapedes. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Purwakarta – Tugas Kepolisian dalam keseharian melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat dalam berbagai persoalan terus berjalan termasuk penanganan dugaan keracunan makanan yang kini ditangani Polres Purwakarta.

Sejalan hal tersebut, Polrese PUrwakarta melakukan penyelidikan terhadap dugaan keracunan massal yang terjadi di  Kampung Cikubang, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jumat (17/11/ 2023).

Sekitar 168 orang, diketahui mengalami gejala keracunan usai mengkonsumsi diduga dari makanan yang didapatkan warga, setelah menjalani salat Jum’at di Masjid Al Hidayah yang berada di Kampung Cikubang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Purwakarta,  Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edwar Zulkarnain membenarkan, pihaknya lakukan penyelidikan  terhadap dugaan keracunan.

“Sampai saat ini masih dilaksanakan  penyelidikan lebih lanjut oleh Satreskrim Polres Purwakarta dan Polsek Kiarapedes,” Ucap Edwar, Sabtu (18/11/2023).

Polres Purwakarta sudah koordinasi dengan Puskesmas dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta untuk mengambil sampel makanan serta muntahan guna mengetahui penyebabnya.

“Sample uji  makanan hajatan Puskesmas Kiarapedes sudah dirimkan ke laboratorium Dinas Kesehatan Kabupatan Purwakarta guna dilakukan pengecekan laboratorium. Kami juga sudah melakukan pengecekan TKP dan meminta keterangan dari sejumlah warga,” jelas Edwar.

Para korban mengalami gejala pusing, mual, muntah dan diare setelah makan makanan jum’at berkah yang dibagikan selesai salat Jumat dimasjid Al-Hidayah,” kata Edwar.

“Para korban mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Kiarapedes, Puskesmas  Wanayasa, Klinik Ibnu Sina, Klinik Hafiz Wanayasa, Rumah Sakit Holistik Purwakarta dan Bidan Desa Pusakamulya,” ungkap Edwar..

Edwar menyebut kondisi para korban yang mengalami keracunan sudah mulai membaik dan sudah pulang, Pihaknya Kepolisian belum bisa memastikan belasan warga itu keracunan makan berkat yang dibagikan selesai salat Jum’at tersebut atau bukan, sampai saat penyelidikan masih dilakukan.

“Sekarang, Alhamdulillah para korban sudah mulai  membaik. Kini masih kami dalami penyebab keracunan tersebut,”ucap Edwar.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *