Penatausahaan Administrasi PKBM dengan ARKAS Diharapkan Lebih Termenej Dengan Baik Sesuai RKAS

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Penatausahaan Administrasi PKBM dengan ARKAS Diharapkan Lebih Termenej Dengan Baik Sesuai RKAS (foto oleh Wida Heryani-grahabignews.com)

Grahabignews.com. Garut – Bertempat di Aula Korwil Pendidikan Kecamatan Tarogong Kaler, dilaksanakan pembinaan dan pengarahan tata kelola administrasi melalui system Apilkasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS)  bagi lembaga PKBM dan Operator se-Kabupaten Garut dihadiri oleh Kabid PAUD&Dikmas, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, M.Pd., Kasi Dikmas, Iyan Sopian, S.Ip., Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI), Mahmud Rochmat, M.Pd., para Penilik Ketua Rayon, serta para Ketua Lembaga PKBM dan Operator. Kamis (30/11/2023).

Kasi Dikmas Pendidikan Kabupaten Garut, Iyan Sopian, S.Ip (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Kasi Dikmas Pendidikan Kabupaten Garut, Iyan Sopian, S.Ip., membuka acara tersebut diringi harapan agar apa yang akan disampaikan oleh Kabid PAUD&Dikmas bisa dipahami dan diikuti dengan seksama.

Kabid PAUD&Dikmas, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, M.Pd (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

 

H.Entib Satibi, M.Pd., menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini mengumpulkan para Ketua lembaga PKBM dan Operator terkait regulasi yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat mengenai Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) bahwa untuk kaitan Non Formal harus seperti Formal dari mulai PAUD dan PKBM.

Kabid PAUD&Dikmas, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, M.Pd (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

“ARKAS ini merupakan system informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan PAUD dan PKBM”, jelasnya.

Penatausahaan Administrasi PKBM dengan ARKAS Diharapkan Lebih Termenej Dengan Baik Sesuai RKAS (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

 

Hari ini kita menata secara menejerial bagaimana membenahi tatanan administrasi keuangan bagian dari perencanaan yang dimaksukan dalam Aplikasi Rencana Kegiatan Sekolah (ARKAS) sesuai  dengan Juknis BOSP yang diinstruksikan oleh Kemendikbud Ristek.

Penatausahaan Administrasi PKBM dengan ARKAS Diharapkan Lebih Termenej Dengan Baik Sesuai RKAS (foto oleh Wishnoe Ida Noori-grahabignews.com)

Dirinya berharap, bagi 200 lebih PKBM yang melaksanakan  kegiatan ini imbasanya bisa mengikuti dan memahami pembinaan  dalam penataan tata kelola adminitrasi di masing-masing lembaga PKBM itu sendiri.

Penatausahaan Administrasi PKBM dengan ARKAS Diharapkan Lebih Termenej Dengan Baik Sesuai RKAS (foto oleh Wishnoe Ida Noori-grahabignews.com)

“Ini adalah langkah bagus dari Pemerintah Pusat dan diimplementasikan oleh kami di Daerah, dimana dalam penatausahaan administrrasi di satuan pendidikan Non-Formal diberlakukan ARKAS agar semua kegiatan di ruang lingkup PKBM bisa lebih terarah, dan terukur, sehingga ketertiban tata kelola administrasinya sesuai harapan, bisa dilaksanakan oleh seluruh lembaga PKBM di Kabupaten Garut ini, ” pungkasnya.

Peliput : Wida Heryani

Penulis&Penyunting : Wishnoe Ida Noor

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *