Ikuti Arahan Bupati Garut, SDN 1 Tarogong Gentramasekdas akan Adakan Zoom Meeting Dalam MPLS

Share posting

Oleh : Hidir  Hidayat,S.Pd.

Wawan  Kepsek Sekolah SDN 1 Tarogong Gentramasekdas, H. Wawan, M.Pd : “ Ikuti Arahan Bupati Garut, SDN 1 Tarogong Gentramasekdas akan Adakan Zoom Meeting Dalam MPLS “ (foto oleh Hidir Hidayat-grahabignews.com)

 

Garut – Kepala Sekolah SDN 1 Tarogong Gentramasekdas Jl.Suherman depan Alun-Alun Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, H. Wawan, M.MPd, mengaku telah mengikuti pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS) tahun 2020/2021 bagi kelas 1 yang baru masuk sebagaimana arahan dari Bupati Kabupaten Garut,H.Rudy Gunawan,SH. MH., MP., yang mana telah dilakukan via video conference pada pagi hari di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.Senin(13/7).

Wawan  selaku Kepala Sekolah SDN 1 Tarogong Gentramasekdas dikumpulkan di satu titik di SDN Pataruman  4 di Jalan Terusan Pembangunan.Maman mengatakan menindaklanjutinya secara langsung bersama para guru-gurunya untuk pelaksanaan teknis dan menindaklanjuti arahan dari Bupati Garut melalui Kadisdik Kabupaten Garut tersebut.

“Tadi kami telah melaksanakan briefing kurang lebih 30 menit bersama guru-guru di SDN 1 Tarogong Gentramasekdas,” ujar Maman. Diakui Wawan , sekolahnya akan melaksanakan melaksanakan zoom meeting/Webinar yang akan dilaksanakan hari selasa keesokan harinya,dimana di sekolahnya pelaksanaannya akan dimulai kurang lebih dari pkl.08.00 sampai pkl 10.00,namun Maman menyadari untuk sekolahnya masih terkendala dalam IT/peralatan, misalkan handphone orang tua  begitu juga guru,namun kendala itu bisa teratasi walaupun tidak seratus persen.

Wawan  mengatakan akan melaksanakan zoom meeting melalui daring.

“Saya akan siapkan dengan zoom meeting dan skenario video 10-15 menit,akan dihadiri komite,pengawas dinas dan yang lainnya, pelaksanaan MPLS khususnya untuk kelas 1 sampai hari Kamis tanggal 16 Juli,” kata Wawan.

Untuk pelaksanaan teknis,  kelas 2 sampai kelas 6 sendiri orang tua yang menitipkan anaknya di SDN 1 Tarogong Gentramasekdas, kata Maman sudah seperti keluarga tidak ada perubahan signifikan.

“Kami mempunyai Paguyuban orang tua, masing-masing sudah pada mengenal diantara individu,jadi sudah pada mengetahui gurunya masing-masing,untuk tukar informasi antara orangtua siswa dan guru,di SDN 1 Tarogong Gentramasekdas  sendiri hubungan antara orang tua siswa dan guru sudah layaknya keluarga,”ujar Wawan.

Lanjut dia, sampai dengan saat ini tidak ada perubahan dulu dari kelas 1 sampai kelas 6c,sebelumnya sudah dibuat seperti latihan dan video call jadi informasinya sudah ada.

“Sebelum pelaksanaan Webinar ini sudah ada pelaksanaan latihan video call, malahan ada guru yang telah melaksanakan draft seperti zoom meeting ini, langsung sudah ada yang praktek,nanti arahan selanjutnya dari Dinas Pendidikan nanti selanjutnya,” kata Wawan.

Wawan mengatakan,  bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi dalam pembelajaran daring begitu juga dengan luring (luar jaringan).

“Orang tua punya hp bagus,anak harus dibimbing sama orang tua,tapi gimana kalau orang tua bekerja sehingga anak terbengkalai, tapi yang terpenting adalah komunikasi dulu, peran orangtua dulu,arahan dari sekolah ke orangtua bagaimana berbinar itu,” ujar Wawan.

Wawan  mengatakan untuk jaminan jam efektifnya sendiri, bergantung pada kesiapan orang tua terutama dalam penyiapan alat-alat komunikasi,yaitu handphonenya dalam mendownload aplikasi zoom meet, yang teknisnya bertahap.

“Yang siap mengikuti zoom meeting silakan, yang luring juga silakan, tinggal komunikasi dengan guru, datang ke sekolah langsung dengan janjian sama gurunya,” imbuh Wawan.

Wawan mengatakan yang paling penting adalah sosialisasi dulu.

Jumlah siswa di SDN 1 Tarogong  Gentramasekdas berjumlah  675 orang. Wawan mempunyai  philosophi sendiri dalam membimbing dan mengarahkan guru , siswa dan orang tua dalam memajukan pendidikan di sekolahnya yaitu satu hari adalah seumur hidup untuk hari ini,hari besok selasa adalah tidak akan sama. Wawan  juga berharap bahwa sekolahnya bisa dijadikan sebagai satu rumah, keluarga besar SDN 1 Tarogong Gentramasekdas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *