Akibat Covid 19 Anggaran Dispora Nihil

Share posting

Oleh : Hidir Hidayat & Rudi Herdiana

Sekertaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Mohamad Yusup Safari. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Garut – Pelaksanaan Festival Pencak Silat Disorda 2020 yang telah dilaksanakan pada 13-14 November di Gedung Beladiri Sarana Olahraga (SOR) Ciateul Jl. Proklamasi, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul yang menyisakan keluhan terkait kurangnya perhatian dari Dispora.

Hal tersebut diungkapkan menurut Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut, Kang Adis. Menurutnya, kegiatan tersebut hajatnya Dispora dan rutin diadakan tiap tahun, namun kali ini Dispora tidak memberikan bantuan biaya sepeserpun.

http://grahabignews.com/2020/11/17/ipsi-kab-garut-keluhkan-minimnya-perhatian-pemkab-garut/

ketika ditemui GrahaBigNews di ruang kerjanya, Sekertaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Mohamad Yusup Safari, Kamis(19/11) mengatakan, memang untuk tahun ini Dispora tidak ada anggaran untuk kegiatan.

edung Beladiri Sarana Olahraga (SOR) Ciateul Jl. Proklamasi, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Awalnya, Dispora telah menganggarkan untuk berbagai kegiatan, termasuk untuk festival pencak silat, tapi begitu muncul pandemi, semua anggaran kegiatan Dispora dipangkas oleh Pemda Garut untuk penanganan covid 19.

“Memang Surat Kegiatan Disorda dari Propinsi ditujukan ke Dispora, namun datangnya telah dan kami tidak mengetahui penyebab keterlabatan surat tersebut. Di sisi lain, Anggaran perubahan sudah proses evaluasi Provinsi Jawa Barat,” jelas dia.

Eksesnya, aku Sekdis, pada kegiatan Festival pencak silat Disorda tahun 2020, pihak Dispora tidak membiayai dan semua di tanggung oleh IPSI Garut.  “Biasanya, jika tidak ada anggaran khusus, Dinas selalu membantu karena dinas punya anggaran non budgeter. Tapi karena situasinya begini, maka Dispora tidak bisa membantu,” kata Sekdis.

Untuk tahun 2021, dia mengatakan, semuanya sudah dianggarkan dan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. “walaupun ada musibah seperti Covid-19 , harusnya anggaran olahraga tetap ada, jangan sampai dihabiskan,” pungkas Sekdis.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *