Koramil 1014/Cimanggung Kembangkan Budi Daya Jamur

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

 

Koramil 1014/Cimanggung Kembangkan Budi Daya Jamur (foto oleh Ghani PR-grahabignews.com)

 

Sumedang –   Koramil 1014/Cimanggung sedang mengembangkan usaha budi daya jamur, sekaligus membuat rumah jamur memamfaatkan lahan kosong disekitaran Koramil Cimanggung, Kamis (18/11).

Danramil 1014/Cimanggung Kapten Inf Setio Pribadi mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan disamping tugas pokok Komando Wilayahan Babinsa yang merupakan ujung tombak Koramil dalam tugas pokok sehari-hari.

“Kami sudah membuat 200 pcs dalam waktu 40 hari dan sudah membuahkan hasil, hingga panen setiap pcsnya rata – rata menghasilkan 8 ons,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya dan swadaya Koramil 1014/Cimanggung untuk meningkatkan kesejahteraan, sekaligus memberikan nilai tambah bagi Babinsa dan bisa memberikan contoh kepada masyarakat sekitar.

“Selain budidaya jamur, kami pun menanam serta jenis – jenis sayuran program 4.610 yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah guna mendukung swasembada pangan,” terangnya.

Atas capaian itu, menjadi terobosan baru yang bermanfaat apalagi dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid- 19 saat ini, yang sedang melanda dunia.

Ia pun beharap, para Babinsa bisa terus berkarya dan berinovasi untuk membuat kegiatan yang langsung bisa dirasakan hasilnya oleh warga masyarakat sekitar, terutama disektor Pertanian.

“Semoga dengan pengembangan budi daya jamur yang ada, dapat dikembangkan sebagai contoh kepada masyarakat,” harap Danramil.

Terpantau, harga hasil panen jamur bagi penjualan per kilonya bisa mencapai Rp. 13.000,- s/d Rp. 15.000,- . Dan jamur pun bisa dibikin olahan krispy.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *