Kilang Minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat, Habis Terbakar

Share posting

Oleh : Ghani Purnama& Faisal

Kilang Minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat, Habis Terbakar (foto : Istimewa-grahabignews.com)

Indramayu –  Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, habis terbakar pada Senin dini hari tadi. Bahkan kebakaran tersebut menimbulkan ledakan yang sangat besar dan getaran yang terasa hingga 20 Km.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 00.45 WIB. Kobaran api membumbung tinggi hingga langit menjadi merah.

Puluhan mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

 

(foto : Istimewa-grahabignews.com)

Kebakaran tangki Pertamina RU VI di Balongan tersebut, diduga terjadi karena tersambar petir.

Hal tersebut, disampaikan Corsec Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, Ifky Sukarya terkait dengan kebakaran tangki Pertamina yang terjadi Senin dini hari (29/3) sekitar pukul 00.45 WIB.

“Tangki yang berada di RU VI Balongan terbakar pukul 00.45 dini hari. Pada saat itu sedang terjadi hujan besar dan diduga ada petir,” kata Ifky Sukarya dikutip dari siaran Kompas TV.

Kebakaran pun membuat histeris warga setempat karena api membakar sangat besar.

Akibat kejadian itu, sedikitnya 15 orang mengalami luka ringan dan 5 orang lainnya mengalami luka berat. Selain korban luka, sebagian warga ada yang diungsikan.

 

(foto : Istimewa-grahabignews.com)

Mereka diungsikan di dua lokasi berbeda, yaitu di GOR PB dengan jumlah pengungsi sebanyak 220 orang dan Pendopo Kantor Bupati Indramayu, sekitar 300 orang.

Lebih lanjut, dikutip dari akun Instagram @actforhumanity disebutkan menurut info, besarnya kobaran api bahkan bisa terlihat dari jarak 5 kilometer dan membuat langit malam Indramayu merah menyala.

“Pukul 01.30 WIB para petugas pemadam kebakaran tengah berjibaku memadamkan api, namun belum bisa menjangkau seluruh lokasi mengingat masih banyak ruang-ruang dengan minyak yang berpotensi terbakar. Ruas jalan Indramayu-Cirebon pun sementara ditutup,”tulisnya.

 

(foto : Istimewa-grahabignews.com)

Adapun, dikutip dari laman Pertamina, bahwa Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kilang minyak Balongan adalah bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia.

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

Kilang minyak yang mulai beroperasi pada 1994 berjarak 200 km arah Timur Jakarta. Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

“Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, salah seorang warga Indramayu.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *