KWT Karya Mekar Bogor Mandiri Produksi Olahan Hasil Pertanian Butuh Perluasan Pemasaran Bagi Kelompok Binaanya

Share posting

Oleh : Abah Cecep Litbang GrahaBigNews

 

Sari Minuman Teh Kulit Manggis merupakan produk unggulan KWT Karya Mekar Bogo – foto file KWT Karya Mekar Bogor-grahabignews.com

Kabupaten Bogor  – Minggu (26/07) Kali ini GrahaBigNews melakukan wawancara jarak jauh dengan sosok  seorang perempuan yang syarat prestasi, tetap peduli petani selain suami dan putra putrinya. Kecintaannya pada dunia pertanian sekaligus selaku ketua KWT Karya Mekar, dimana para kelompo tani binaannya mampu menciptakan inovasi hasil olahan dari produk produk Sirup buah manggis,Teh celup & teh tubruk kulit manggis, Sari minuman teh kulit manggis.

Dia adalah Ibu Iis Ismiati, Ketua KWT Karya Mekar Desa Karacak  Leuwiiliang Bogor , selalu membangun pemikiran dan mengembangkan wawasan bersama ciptakan inovasi untuk terus berkarya membangun kemandirian.

GrahaBigNews kali ini menyapa keberadaan kelompok wanita tani Karya Mekar Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, dengan harapan bisa berbagi pengalaman, sehingga menambah wawasan serta bersilaturrahmi.

Akhir-akhir ini banyak di ceritakan ibu-ibu para penggerak PKK di 23 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat,  alatan Hasil produksi olahanya yang mampu bersaing dengan hasil pabrikan sejenis yaitu Hasil olahan dari buah manggis.

Kreatifitas ibu-ibu degan tangan- terampil penuh kelembutan yang mampu  membuahkan kwalitas produksi prima dan bisa bersaing dgn produk-produk sejenisnya.

Teh Iis menceriterakan kepada GrahaBigNews,  bagaimana awal cerita KWT ini berdiri 1997 berupa kegiatan Sekolah lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SPHT).

Menurutnya, bahwa dulu  dipokuskan sama padi saja, dengan berjalanya waktu dan perkembangan teknologi ilmu pertanian dan pangan kami sepakat dgn para Anggota kelompok untuk merambah ke hasil pasca panen dengan berbagai jenis olahan yang mampu menembus pasar dan di senangi konsumen.

KWT Karya Mekar Bogor Mandiri Produksi Olahan Hasil Pertanian Butuh Perluasan Pemasaran Bagi Kelompok Binaanya (foto file ibu Iis Ismiati Ketua KWT Karya Mekar Bogor-grahabignews.com)

Disinggung GrahaBigNews, bahwa  sesuai dengan AD & AR,  berapa tahun sekali mengadakan Restukturisasi / resapel pengurus, jawabnya setiap 5 tahun sekali, kalau pertemuan atau kumpul-kumpul setiap bulan selalu dilaksana atau tergantung kebutuhan.

Sebagaimana diketahui, bahwa dulu di tahun 90-an Teh Is merupakan salah seorang wanita penggiat pertanian di wilayah Bogor  dan sampai sekarang masih digelutinya.

“Yang di olah semua hasil pertanian, karena selama ini kita makan hasil dari pertanian, coba ingat prodak apa yang bahan-bahan bakunya  bukan dari hasil tani dan para petani”, tanya Ibu Iis.

Jenis prodak yang dihasilkan KWT Karya Mekar lumayan diantaranya produk Sirup buah manggis,Teh celup & teh tubruk kulit manggis, Sari minuman teh kulit manggis.

“ Kami pasarkan melalui online ofline reseller, pameran & bazar-bazar  mengikuti program pemerintah untuk meningkatkan UMKM”, jelasnya.

Ini sedikit promosi bagi teman-teman  petani dan para motivator serta penggiat pertanian,  tolong bantu kelompok binaanya untuk membuka pasar hasil prodak nya termasuk hasil olahan Buah Manggis dan keturunanya produksi KWT Karya Mekar Bogor , alamat lengkap kami Kwt karya Mekar Jl. Agropolitan Kp. Cegal Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Jawa Barat, tuturnya.

Prestasi yang pernah diraih Iis Tahun 2018 sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya  ( PPS ) Teladan Juara 2 Tingkat Kabupaten Bogor.

Semenjak mengikuti SLPHT sampai sekarang,  ibu dari 4 anak 3 putra dan 1 putti ini mengaku sering mengikuti berbagai pelatihan mengenai pengembangan  pertanian dan olahan pangan serta keterampilan dan penguatan Kelembagaan  Kelompok .

Bagi Ibu Iis dirinya selagi kuat dan sehat serta diperlukan oleh masyarakat, karya nyata itu akan tetap dijalankannya.

“ Kepada teman-teman seperjuangan waktu dulu di di IPPHTI, teteh kangen, dan salam saja buat semuanya semoga selalu dalam keadaan sehat dan di lindungi Allah Swt”, pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *