Orasi Ilmiah Wakil Ketua KPK Warnai Wisuda Uniga

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat

Wisuda Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Diploma Angakatan ke-XXIX Gelombang I Tahun Akademik 2020/2021.

Garut – Universitas Garut (Uniga) melaksanakan acara wisuda pada Sidang Terbuka Senat Universitas Garut Dalam Rangka Wisuda Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Diploma Angakatan ke-XXIX Gelombang I Tahun Akademik 2020/2021 yang berlangsung di Kampus Uniga Jl. Raya Semarang no 52A Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut, Sabtu (28/11).

Pada kegiatan tersebut Uniga mewisuda 604 wisudawan-wisudawati dan 39 apoteker yang merupakan angkatan pertama dari Uniga Garut. “Pelaksanaan wisuda dilaksanakan dalam 2 sesi, karena pandemi covid- 19,” ujar Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusyi Syakur Amin, M. Eng.

Syakur mengatakan bahwa pada acara wisuda kali ini dilaksanakan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan menggunakan protokol kesehatan, sesuai dengan arahan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut.

Bupati Garut, H. Rudi Gunawan, SH. MH. MP. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Yayasan Uniga, Ahmad Syarif Munawi, SE. ME. M. Sc mengatakan sangat berterimakasih atas kehadiran dari para tamu undangan yang bersama hadir.

“Atas nama pengurus Uniga Garut, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati, mudah-mudahan ilmu yang telah dipelajari menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan,” ujar Syarif.

“Tanggung jawab keilmuan dan tanggung jawab sikap dan prilaku, setelah diwisuda bisa menjadi bekal dan dapat mengembangkan ilmunya. Dalam kehidupan harus bersikap cendekia dan bisa mencari solusi bukan bagian dari masalah,” tutur Syarif Munawi.

Wisuda Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Diploma Angakatan ke-XXIX Gelombang I Tahun Akademik 2020/2021. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonsesia, Lili Pintauli Siregar yang memberikan orasi ilmiah terkait pemberantasan korupsi.

Lili menggantikan Ketua KPK yang tidak bisa hadir pada kesempatan ini dan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul integritas untuk Indonesia yang bebas dari korupsi.

Lili mengatakan kenapa dirinya mengambil judul tersebut karena wisudawan-wisudawati akan memulai terjun ke dunia pekerjaan yang akan membangun dan mengisi Indonesia untuk kesejahteraan sebagaimana diamanatkan UUD 1945 pada alinea ke-4.

Wisuda Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Diploma Angakatan ke-XXIX Gelombang I Tahun Akademik 2020/2021. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

“Nilai-nilai kejujuran dan kecerdasan mampu bersaing pada era teknologi ini, dan sinergi dengan nilai-nilai integritas akan mampu bersaing di dunia global sekarang,” kata Lili

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Garut, H. Rudi Gunawan, SH. MH. MP menyampaikan pemaparan terkait Uniga. Rudi mengatakan dirinya sangat bangga atas capaian-capaian prestasi yang telah dilakukan Uniga khususnya disektor pendidikan.

“Pemerintah Kabupaten Garut sangat mendukung terhadap kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh Uniga,” ujar Rudi

Rudi mengatakan bahwa sudah hampir 20 tahun Kabupaten Garut adalah daerah tertinggal di Provinsi Jawa Barat dan dirinya berharap Uniga bisa memberikan solusi terhadap ketertinggalan tersebut melalui pendidikan.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *