Keutamaan Bulan Muharam, Momentum Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Penyerahan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu, Jum’at (20/08). (Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Sumedang – Sebagai awal tahun Hijriyah, bulan Muharram menjadi salah satu yang istimewa bagi umat Islam. Bukan tanpa alasan, pasalnya Allah SWT telah berfirman (Surat At Taubah ayat 36), terkait Muharram yang termasuk ke dalam golongan bulan haram mengikuti Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah dan Rajab.

“Keutamaan bersedekah di bulan Muharram, dijadikan momentum pada Jum’at berkah kali ini sebagai Idul Yatama (Hari Raya Anak Yatim), peduli dan berbagi dengan memberikan santunan kepada anak yatim disekitar Perumahan Tomo Residence Park.”

Hal itu, diungkapkan Direktur Utama Tanjung Jaya Medal, Moch. Ade Maulana Yusuf, saat ditemui di kantor pemasaran perumahan Tomo Residence Park, usai acara tersebut, Jum’at (20/08/2021).

Dikatakannya, ia teringat dalam sebuah hadis tersirat satu hikayat yang disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim.

Sesi Photo Bersama. (Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

“Beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.” ungkapnya.

Seperti halnya, dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharam, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.“

“Dari ayat ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa di antara kebaikan yang disebutkan langsung oleh Allah SWT, adalah bersedekah kepada anak yatim,” tuturnya.

Ia pun berharap, bersedekah kepada anak yatim walaupun sedikit adalah salah satu syariat yang sangat ditekankan karena sampai disebutkan dasarnya dalam Al-Quran. “Semoga santunannya dapat bermanfaat dan berkah bagi semua, terutama kelancaran Perumahan yang sedang dibangunnya,” harapnya.

Perum Tomo Residence Park, berlokasi di Blok A.5 Sukasari RT 01/04, Desa Tolengas, Kecamatan Tomo. (Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan Depeloper PT. Artha Jaya Medal Ary Setiawan S.Sos, bahwa baksos ini disambut antusias warga sekitar. Dimana sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kantor Pemasaran Perum Tomo Residence Park, yakni berlokasi di Blok A.5 Sukasari RT 01/04, Desa Tolengas, Kecamatan Tomo.

“Alhamdulillah, kegiatannya berjalan sesuai anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, dalam pemberlakuan PPKM level 4,” terangnya.

Sementara itu, tampak hadir pula tokoh masyarakat Cucu Nurkaya (incumbent Kades Tolengas yang maju kembali pada kontestan Pilkades tahun ini), dirinya berapresiasi tinggi atas tersenggaranya kegiatan bakti sosial TJM group ini.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pak Yusuf beserta jajarannya. Semoga segala amal kebajikannya dijadikan amal shalih yang akan memperkuat perhitungan pahala berlipat ganda dan menjadi berkah bagi perusahaan yang sedang dikembangkannya,” ucapnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *