Warga Kota Kulon Pasang Septic Tank Komunal Secara Swadaya

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Pemasangan Septic Tank Komunal Di RW 17 Secara Swadaya. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Program Pemerintah tentang Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan, telah di deklarasikan Pemerintah Kabupaten Garut dengan tujuan agar angka ODF di daerah bisa terus meningkat.

Implementasi yang dilaksanakan Kelurahan Kota Kulon Kec. Garut Kota, Selasa (11/01) melakukan pemasangan septic tank komunal di RW 17 secara swadaya.

Saat pemasangan septic tank tersebut, hadir Lurah Kota Kulon, Dede Nasir, Asep Supriadi (Babinsa), Sudarmo (Bhabinkamtibmas) dan Meisya Dewi Rahayu, SKM selaku Petugas Sanitarian PKM Pasundan.

Menurut Lurah Kota Kulon, Dede Nasir bahwa pemasangan septic tank komunal di RW 17 secara swadaya murni masyarakat dan dimanfaatkan untuk 15 KK.

Empat (4) Pilar Kelurahan Kota Kulon Bersama Ketua RW 17 Saat Monitorong Pemasangan Septic Tank Komunal. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Di akui Lurah, sebenarnya hampir setiap warga di Kel. Kota Kulon memiliki jamban di rumah, namun untuk pembuangn tinjanya masih disalurkan ke kali.

“Masalahnya, hampir di setiap RW dilalui oleh saluran air, sehingga dimanfaatkan warga untuk membuang tinja ke saluran itu,” ucap dia.

Sejalan hal tersebut, Lurah mengajak kepada warga supaya ikut menyukseskan program ODF di Kelurahan Kota kulon, dengan memasang septic tank komunal secara swadaya, karena jika mengandalkan anggaran Pemerintah sangat terbatas.

“Bagi warga yang hendak membangun rumah, diwajibkan membuat septic tank sendiri dan yang sudah terlanjur membuang ke saluran air,  diharapkan bisa membuat septic tank sendiri,” harap Dede.

Di akhir wawancara, dirinya mengucapkan terima kasih kepada warga yang ikut menyumbang pemasangan septic tank komunal di RW 17.

“Saya ucapkan terima kasih kepada donator, yaitu agen BPNT Kel. Kota Kulon dan Irpan Ibrahim selaku Notaris di Jalan Karacak Kelurahan Kota Kulon,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *