Kadiskominfo Garut Berharap Ekosistem Digital Mampu Dukung Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Share posting

Oleh: Wishnoe Ida Noor

Kadiskominfo Garut, Muksin, Mengikuti Webinar Bertajuk Inovasi Digitalisasi Ekosistem Sektor UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi, di Gedung Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kamis (7/7/2022). (Foto : /Diskominfo Garut – grahabignews.com)

Garut – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Muksin, berharap adanya ekosistem digital mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi harapannya bahwa dengan adanya ekosistem digital yang sedang kita bangun bersama-sama ini dapat meningkatkan _value_ (atau) nilai manfaat untuk masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Muksin.

Hal ini disampaikan Muksin seusai mengikuti webinar bertajuk Inovasi Digitalisasi Ekosistem Sektor UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi yang digelar oleh Universitas Indonesia, di Gedung Command Center Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (7/7/2022).

Menurutnya, dalam webinar ini ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya terkait bagiamana membangun kolaborasi dalam mewujudkan ekosistem digital untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia.

“Ini terdiri dari dengan konsep pentahelik yaitu keterlibatan antara perguruan tinggi, kalau disini tadi menyimak dari Universitas Indonesia, kemudian dari pemerintahnya (atau) Goverment (ada) Kementerian Kominfo, kemudian Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kemudian dari medianya, kemudian dari komunitasnya, juga ada akademisi dan berbagai pihak yang lainnya seperti itu,” tutur Muksin.

Webinar ini dihadiri secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menaprekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G. Plate ini, dan Rektor Universitas Indonesia (UI), Profesor Ari Kuncoro.

Rektor UI, atas nama akademi, sebagai salah satu pihak penyelenggara, rmemaparkan, bahwa webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan Webinar Series UI dengan mitra industri yang diprakarsai oleh Direktorat Kerjasama UI, sebagai upaya UI dalam mewujudkan konsep kerjasama pentahelix.

“Webinar hari ini merupakan upaya UI memandang penting diskursus yang membahas strategi dan inovasi kebijakan pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 di Indonesia,” paparnya.

Ia juga menuturkan, pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan pada kegiatan perekonomian secara nasional, sehingga menurutnya webinar ini menjadi penting bagi daerah dalam pertumbuhan ekonomi, terlebih-lebih pertumbuhan ekonomi daerah merupakan penopang angka pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami meyakini webinar ini dapat menjadi momentum awal penguatan kolaburasi antara UI, pemerintah, dan juga industri dalam rangka membangun digitalisasi sektor UMKM dan industri pariwisata serta ekosistem Indonesia,” tandasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *