Meriahkan HUT Ke-78 RI, ASN dan Warga Ngagogo di Kolam Mesjid Al-Kamil

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Meriahkan HUT Ke-78 RI, ASN dan Warga Ngagogo di Kolam Mesjid Al-Kamil. (Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Grahabignews.com, Sumedang – Menangkap ikan langsung dengan tangan beramai-ramai (dalam bahasa Sunda ngagogo) menjadi salah satu lomba yang banyak diikuti dalam  rangka memeriahkan HUT ke-78 RI di lingkup Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Jum’at (18/8)

Tidak hanya ASN, masyarakat sekitar pun bergabung turun ke kolam untuk ngagogo. Pasalnya, kurang lebih tiga kuintal ikan ditebar ke dalam kolam depan Mesjid Al-Kamil PPS untuk ditangkap prserta.

Bahkan, peserta yang mendapat ikan terbanyak diberi hadiah oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumedang yang turut hadir menyaksikan.

Wakil Bupati Erwan Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tradisi untuk merekatkan silaturahmi antara pemerintah dengan warga.

“Ini tradisi di kita untuk lebih mempererat tali silaturahmi, kerja sama dan juga fair play. Ini juga bentuk gotong royong dan solidaritas antar masyarakat,” katanya.

Menurut Wabup Erwan, adanya kebersamaan antara aparat pemerintah  akan memunculkan semangat untuk mengabdi dan melayani lebih baik lagi.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

“Saya berharap dengan adanya acara ‘Ngagogo’ ini, kebersamaan di lingkungan Pemda Sumedang semakin terjalin dengan baik sehingga pelayanan kepada masyarakat pun semakin baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Dony Ahmad Munir menyatakan, kegiatan ngagogo merupakan bentuk syukuran lingkungan pemerintahan Sumedang sudah mempunyai danau (kolam).

“Syukurannya dibuka oleh ngagogo. Mudah-mudahan semua yang ikut kegiatan ini mendapat tangkapan ikan yang banyak,” katanya.

Masih kata Bupati, kegiatan tersebut sebagai tanda bahwa di lingkungan pemerintahan Sumedang sudah mempunyai danau (kolam).

“Mudah-mudahan bisa mempercantik lingkungan PPS serta bisa menyimpan resapan air untuk menghindari banjir,” tuturnya.

Bupati mengungkapkan, bentuk syukur atas Kemerdekaan RI ke-78 ialah dengan mengisinya melalui karya-karya nyata

“Kita bersyukur kepada Allah, Indonesia telah merdeka 78 tahun. Sebagai wujud syukur kepada Allah, mari kita isi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya kontribusi dan partisipasi kita,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Sumedang, hendaknya para ASN dan seluruh lapisan masyarakat menjadi bagian solusi, berpartisipasi, serta memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *