Gerakan Bersama Intervensi Stunting Program TOSS di Kec. Wanaraja Garut

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Grahabignews.com, Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar acara bertajuk  Gerakan Bersama Intervensi Stunting dengan program Temukan, Obati, Sayangi, balita Stunting (TOSS) dipusatkan di Kampung Cikole Hilir, Desa Wanasari Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (29/8/2023).

Mengambil lokasi tepat di Halaman Parkir  Stasiun Kereta Api Wanaraja, acara dimulai dengan Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), diikuti oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, Kepala Dinkes Garut, dr. Leli Yuliani, serta beberapa kepala SKPD dan masyarakat sekitar. Bupati dan rombongan juga melakukan kunjungan ke rumah warga yang memiliki balita stunting di Desa Wanasari.

Selain Bupati Garut, Sekda Garut didampingi Assisten Daerah 1 Bidang Pemerintaan dan Kesra, Bambang Hafidz mengunjungi langsung balita stunting di Desa Wanasari, termasuk beberapa SKPD dan kecamatan lainnya juga turut melakukan kunjungan langsung ke beberapa desa yang ada di Kecamatan Wanaraja.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menjelaskan bahwa penimbangan dan pengukuran balita stunting di Kecamatan Wanaraja dilakukan dengan alat antropometri yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebanyak 2.710 alat antropometri akan disebar ke 421 desa dan 21 kelurahan. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama membantu balita stunting agar tumbuh menjadi anak yang sehat, soleh, dan pintar.

“Nah kami akan melakukan launchingnya hari ini, kami ini ada antropometri yang baru dari DAK ya, yang sekarang kita pergunakan,” ucap Bupati Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka dan melakukan kunjungan ke rumah balita stunting dalam acara Gerakan Bersama Intervensi Stunting melalui program Temukan, Obati, Sayangi, balita Stunting (TOSS) dengan tema “Tawis Kanyaah” yang dilaksanakan di Stasiun Kereta Api Wanaraja, Kampung Cikole, Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (29/8/2023). (Foto: Deni Seftiana/ Diskominfo Garut-grahabignews.com)

Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr. Leli Yuliani, menyampaikan bahwa acara ini mencakup penimbangan, pengukuran, serta pemeriksaan status imunisasi anak di Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Juga dilaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu, telur, dan sembako yang merupakan pemberian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan BAZNAS Garut.

Dalam kunjungan ini, pihak Dinas Kesehatan melibatkan lebih dari 200 petugas untuk mendampingi tim dalam kegiatan ini. Di Garut sendiri terdapat 4.000 posyandu, namun sekitar 2.710 di antaranya belum memiliki alat antropometri. Hal ini menjadi fokus kunjungan di Kecamatan Wanaraja karena tingginya kasus stunting di sana.

“Kemungkinan nanti kita lihat alatnya masih bagus atau tidak, kalau memang masih bagus bisa digunakan, tapi kalau memang sudah mengalami kerusakan mungkin akan kita ajukan juga untuk anggaran di 2024,” lanjutnya.

Leli mengatakan, alasan dipusatkannya kegiatan ini di Kecamatan Wanaraja adalah karena kasus stunting di Kecamatan Wanaraja termasuk yang paling tinggi di Kabupaten Garut. Untuk itu ia berharap  kegiatan ini akan membantu memahami masalah stunting di Kecamatan Wanaraja. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kerja sama dari berbagai pihak yang turut mendukung upaya penanggulangan stunting.

Leli menerangkan bahwa pada kegiatan kali ini, pihaknya mengunjungi 182 balita, yang dibantu oleh perwakilan SKPD dan kecamatan di Kabupaten Garut. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini pihaknya dapat mengetahui secara jelas mengenai permasalahan stunting khususnya di Kecamatan Wanaraja. Tak hanya itu, dalam kesempatan ini juga pihaknya mengujicobakan penggunaan alat antropometri yang baru.

“Di sini ada dari Pemdanya, ASN, TNI, Polri dari baznas, seluruh elemen masyarakat juga turut mendukung, membantu, memberikan bingkisan-bingkisan sebagai bentuk tali kanyaah,” ujarnya.

Camat Wanaraja, Mia Herlina, menyambut baik kegiatan ini dan berharap angka stunting di wilayahnya dapat turun dengan adanya upaya seperti ini. Pihaknya juga menekankan pentingnya kelanjutan program ini di masa mendatang dan kerja sama lintas sektor dalam menangani stunting di Kecamatan Wanaraja.

“Ke depannya juga mudah-mudahan tadi ada bapak-bapak asuh yang bisa melanjutkan anak-anak kita yang stunting, terutama bagi yang warga miskin,” ungkapnya.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *