34 Peserta Didik SDN 2 Binakarya Ikuti Skrining Kerjasama dengan Puskesmas Bagendit Kec. Banyuresmi

Share posting

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd

34 Peserta Didik SDN 2 Binakarya Ikuti Skrining Kerjasama dengan Puskesmas Bagendit Kecamatan Banyuresmi (foto istimewa-grahabignews.com)

Grahabignews.com. Garut – Sebanyak 34 siswa SDN 2 Binakarya mengikuti kegiatan skrining yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 September 2023, bertempat di SDN 2 Binakarya yang beralamat di Kp. Pasirkaliki Waruga Desa Binakarya Kecamatan Banyuresmi. Sebelumnya pada bulan Agustus telah di laksanakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) untuk siswa kelas1 dan siswa perempuan kelas 5.

Dalam keterangan yang diberikan oleh team pelaksana tugas UKS, UKGS, INDRA, PTM dari Puskesmas Bagendit Bidan Kusmia Masripatul A, “Tes kesehatan yang dilakukan untuk anak/siswa meliputi tes kesehatan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), UKGS (Usaha kesehatan gigi anak sekolah), kesehatan umum anak sekolah yaitu pemeriksaan berat badan, tinggi badan, kebersihan kuku, kebersihan telinga, cek kesehatan mata (INDRA) meliputi buta warna dan visus mata” ungkap  Kusmia.

Sedangkan lanjutnya, pemeriksaan untuk guru (pendidik) dilakukan skirining faktor resiko penyakit tidak menular (PTM). Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan gula darah.

Dijeaskannya, tujuan dari kegiatan pemeriksaan kesehatan ini selain untuk anak didik juga untuk para pendidik atau guru adalah untuk mengetahui kesehatan siswa juga pendidik secara berkala agar tetap terpantau kesehatannya. Juga kegiatan ini bertujuan  untuk menjaring dan mengetahui kelainan penyakit siswa sedini mungkin dan jika ada temuan akan dijadikan sebagai rujukan ke dokter untuk pemerisaan selanjutnya.

34 Peserta Didik SDN 2 Binakarya Ikuti Skrining Kerjasama dengan Puskesmas Bagendit Kecamatan Banyuresmi (foto istimewa-grahabignews.com)

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat menjaga kesehatan dirinya sedini mungkin dan membiasakan untuk hidup sehat,” ujar Bidan Kusmia Masripatul.

Pantauan GrahaBigNews, bahwa para pelaksana tugas UKS, UKGS, INDRA, PTM dari Puskesmas Bagendit adalah Bidan Nining, Dian Candra, Yadi Hermawan, Bidan Meta Deanisa, Bidan Kusmia Masripatul A dan Pemegang Program UKS Bidan Inka Iskandar.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *