Siti Mufattahah Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Melalui Seminar Nasional

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Penyerahan Plakat kepada Narasumber oleh Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi., MBA. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Garut – Kunjungan Kerja Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi., MBA ke Kab. Garut kali ini, menyelenggarakan Seminar Nasional di Hotel Chandra Kirana, kawasan Cipanas Garut, Senin (30/10).

Tema seminar yang di sajikan, “Peranan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Dalam Memperkuat Sistem Perbankan Indonesia”.

Adapun narasumber adalah Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi. MBA, Prof. Dr. H. M. Abdul Somad, M.Pd dan Gamaginta (Kepala Divisi Surveilans BUS & BPRS LPS).

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Dalam sambutannya, Dr. Hj. Siti mengatakan, bahwa edukasi dan sosialisasi perlu dilakukan untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

“Saya rasa perlu banyak sosialisasi kepada masyarakat. Perlu kita maklumi, bahwa literasi keuangan di masyarakat masih sangat rendah,” jelas Legiastalor DPR RI tersebut.

Eksesnya, lanjut Hj. Siti, masyarakat masih sering dimainkan oleh pelaku industri jasa keuangan, apalagi pinjol ini masih sangat berpengaruh di masyarakat.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Peningkatan literasi dan inklusi keuangan, merupakan hal yang dibutuhkan untuk memberikan ruang bagi masyarakat, guna memahami sektor keuangan untuk menopang kehidupan yang lebih baik,” ucapnya.

Apalagi, masih kata H. Siti Mufattahah, minimnya literasi keuangan, menjadi salah satu penyebab seseorang terjebak pinjaman online (pinjol) ilegal. “Saya mendukung LPS untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peran dalam memperkuat sistem perbankan Indonesia,” aku dia.

“Kita berharap, LPS dapat meningkatkan perannya dalam memperkuat sistem perbankan Indonesia, mengingat literasi keuangan di masyarakat masih sangat rendah,” harapnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Di akhir sambutan, kata Hj. Siti, bukan hanya tugas LPS, OJK dan BI, namun Kami di Komisi XI bersama dengan mitra. Sampai saat ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan literasi.”Tentunya, kami masih sangat terbatas, untuk itu menjadi kewajiban yang mesti dilakukan secara bersama,” pungkasnya.

Dalam Seminar Nasional tersebut, ada season tanya jawab, dimana mereka diberikan hadiah doorprize, serta pemberian plakat kepada Narasumber oleh Dr. Hj. Siti Mufattahah, Psi., MBA.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *