Hati-Hati Tawaran Pinjaman Uang Berkedok KSP Via SMS

Share posting

Oleh : Nety Risnawati

Bukti transfer yang telah di kirim D pada Oknum KSP (Foto oleh Nety Risnawati-grahabiignews.com)

Garut –  Jum’at (24/07) Kebutuhan sangat mendesak, terutama disaat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, menjadi celah perbuatan tercela yang dilakukan oleh salah satu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang masif memberikan tawaran pinjaman via sms, dimana penerima sms na bersifat acak.

Mereka menawarkan pinjaman yang relatif mudah, tanpa agunan dan mempunyai periode cicilan yang lama. Seorang narasumber berinisial D telah menjadi korbannya per tanggal 23 Juli 2020.

Hal ini terjadi ketika korban terdesak kebutuhan dan menerima sms dari KSP tersebut, kemudian nekad untuk mencoba. Awalnya biasa saja seperti hal mengajukan pinjaman pada umumnya, mengisi dan melengkapi aplikasi.

Namun, setelah muncul pemberitahuan, bahwasanya pengajuan pinjaman sebesar 5 juta rupiah telah di setujui, muncul pemberitahuan bahwa D harus mengirimkan sejumlah uang administrasi sebesar Rp.550.000.

Maka uang sebesar itupun ditranaferkan ke rekening KSP tersebut. Pihak KSP menjanjikan 30 menit cair setelah pembayaran administrasi.

Berikut ini ada kutifan pembicaraan yang merupakan jawaban dari pihak KSP yang ditujukan pada  D, kurang lebih demikian :  “ Maaf Kami hanya marketing KSP-SB dan apabila dana deposit sudah di selesaikan kami akan lapor biaya administrasinya ke pihak Bendahara kantor KSP-SB dan pihak bendahara tersebut yang akan cairkan dananya yah”.

KTA Oknum KSP (foto ifile korban D – grahabignews.com)

Pihak KSP meyakinkan dengan mengirimkan foto KTA dan KTA marketingnya. Namun, empat jam kemudian no wa itu tidak respon ganti nomor lainnya. D ditelepon oleh orang yang mengaku dari KSP untuk mentransferkan kembali uang Rp. 1.500.000 untuk sebagai jaminan.

Atas peristiwa yang dialami oleh D tersebut,  diharapkan untuk seluruh masyarakat, dihimbau agar tidak tergiur oleh iming-iming layanan piinjaman uang darii oknum yang mengatasnamakan KSP dan tetap berhati-hati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *